Pengaruh teknik pembelajaran mind mapping terhadap prestasi dan kreativitas belajar kimia siswa kelas XI SMAN 2 Malang / Dwi Sulistyowati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh teknik pembelajaran mind mapping terhadap prestasi dan kreativitas belajar kimia siswa kelas XI SMAN 2 Malang / Dwi Sulistyowati

Sulistyowati, Dwi (2012) Pengaruh teknik pembelajaran mind mapping terhadap prestasi dan kreativitas belajar kimia siswa kelas XI SMAN 2 Malang / Dwi Sulistyowati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci teknik mind mapping prestasi belajar kreativitas dalam berfikir kreatif pembuatan mind map Pembelajaran kimia SMA antara lain menggunakan pembelajaran kontekstual dimana materi pembelajaran di kelas dapat dikaitkan dengan lingkungan sekitar. Agar di dalam kelas tercipta pembelajaran yang aktif guru dapat menggunakan kegiatan mencatat. Salah satunya adalah penggunaan teknik mind mapping sebagai teknik mencatat dengan menggunakan simbol dan warna yang digagas oleh Tony Buzan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menguji perbedaan prestasi belajar siswa yang diajar menggunakan teknik mind mapping cara dikte dan cara merangkum pada pokok bahasan kegunaan senyawa hidrokarbon dalam kehidupan sehari-hari (2) menguji kreativitas siswa dengan berfikir kreatif dalam pembuatan mind map. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI SMA Negeri 2 Malang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan eksperimen semu (quasi experimental designs) dengan melibatkan kelompok kontrol dan kelompok eksperimen.Sebagai kelas eksperimen adalah kelas XI A1 dan kelas kontrol XI B1. Kelas eksperimen diajar menggunakan teknik mind mapping dengan cara dikte sedangkan kelas kontrol diajar menggunakan teknik mind mapping dengan cara merangkum. Setelah perlakuan kedua kelas diberi tes prestasi belajar yang sama. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi soal pretes postest (tes prestasi belajar) lembar penilaian pembuatan mind map siswa. Untuk menguji perbedaan prestasi belajar siswa dan kreativitas dalam berfikir kreatif pembuatan mind map siswa pada kedua kelas digunakan uji-t independent. Berdasarkan analisis data penelitian diperoleh thitung 2 54 dan ttabel 1 99 sehingga thitung ttabel artinya ada perbedaan antara prestasi belajar siswa kelas eksperimen dengan prestasi belajar siswa kelas kontrol. Perbedaan prestasi belajar siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata yang diperoleh. Rata-rata prestasi belajar siswa kelas eksperimen eksperimen 72 82 lebih rendah dari rata-rata prestasi belajar kelas kontrol 74 62. Sedangkan hasil dari kreativitas siswa dalam berfikir kreatif pembuatan mind mapping diperoleh hasil thitung 2 98 dan ttabel 1 99 sehingga thitung ttabel artinya ada perbedaan antara kreativitas siswa dalam berfikir kreatif kelas eksperimen dengan kreativitas siswa dalam berfikir kreatif kelas kontrol. Perbedaan kreativitas siswa dalam berfikir kreatif pembuatan mind map dapat dilihat dari nilai rata-rata yang diperoleh kelas eksperimen 14 59 lebih rendah dari nilai rata-rata yang diperoleh kelas kontrol 17 36. Berdasarkan hasil penilaian pembuatan mind map siswa diketahui skor rata-rata kelas eksperimen 97 7 % dan kelas kontrol 99 8 % sehingga dapat disimpulkan bahwa kelas kontrol sangat baik Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan teknik pembelajaran mind mapping dengan cara merangkum dapat meningkatkan prestasi belajar dan kreativitas siswa dalam berfikir kreatif sehingga disarankan untuk diterapkan dalam pembelajaran di kelas sebagi variasi guru mengajar terutama untuk materi-materi yang bersifat wacana dan hafalan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Feb 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/282

Actions (login required)

View Item View Item