Risiko penggunaan platform pencari kerja pada era digital di tengah masa transisi pemuda / Tasya Kartika Chandra - Repositori Universitas Negeri Malang

Risiko penggunaan platform pencari kerja pada era digital di tengah masa transisi pemuda / Tasya Kartika Chandra

Chandra, Tasya Kartika (2022) Risiko penggunaan platform pencari kerja pada era digital di tengah masa transisi pemuda / Tasya Kartika Chandra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Artikel ini akan memaparkan mengenai transformasi digital pada dunia kerja yang terjadi pada masa transisi pemuda. Dunia kerja yang pada awalnya dilakukan tatap muka secara langsung atau work from office (WFO) perlahan bertransformasi menjadi work from anywhere (WFA) dan hybrid work dikarenakan adanya pandemi. Dalam hal ini pemuda sebagai penggerak kemajuan ekonomi sosial politik dan budaya berperan penting. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Penelitian ini dilakukan di Kota Malang dengan sumber data yang diperoleh dari sumber primer dan sekunder. Analisis data yang digunakan adalah Miles and Huberman (2014) dengan proses analisis 1) reduksi data 2) display data 3) verifikasi data. Dari penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa pemuda pada masa transisinya menuju dunia kerja di era new modernity mengalami berbagai gejolak. Pemuda melakukan berbagai proses adaptasi dengan lingkungan teknologi dan tren pekerjaan. Dengan masifnya penggunaan internet of thing pencarian kerja saat ini banyak menggunakan platform pencari kerja. Platform pencari kerja ini pun memberikan kemudahan baik bagi pelamar kerja dan penyedia lowongan kerja. Namun dibalik kemudahan yang diberikan penggunaan platform ini memiliki berbagai tantangan dan risiko yakni 1) persaingan yang luas 2) kesenjangan kompetensi dan spesifikasi kerja 3) lowongan pekerjaan fiktif 4) penyalahgunaan sistem 5) ketidakpastian lowongan dan 6) ketergantungan platform. Dengan demikian pemuda melakukan refleksivitas sebagai upaya untuk mengurangi perkiraan risiko yang akan datang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/281941

Actions (login required)

View Item View Item