Pendekatan pembelajaran PIESQ pada siswa di Sekolah Alam Nur Hikmah dalam perspektif teori agil / Grenada Tri Kardiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pendekatan pembelajaran PIESQ pada siswa di Sekolah Alam Nur Hikmah dalam perspektif teori agil / Grenada Tri Kardiana

Kardiana, Grenada Tri (2022) Pendekatan pembelajaran PIESQ pada siswa di Sekolah Alam Nur Hikmah dalam perspektif teori agil / Grenada Tri Kardiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini guna menunjukkan dan mendeskripsikan penerapan pendekatan PIESQ di Sanhikmah yang memiliki keunggulan untuk mengakomodasi perbedaan kebutuhan belajar siswa. Kualitatif deskriptif digunakan untuk memperoleh data mendalam berkaitan dengan topik penelitian yang diperoleh melalui observasi wawancara dan dokumentasi. Narasumber yang terlibat yaitu guru siswa orang tua dan Direktur Yayasan Sanhikmah. Pemilihan narasumber menggunakan purposive sampling dengan beberapa kriteria yang ditetapkan. Teori AGIL Talcott Parsons digunakan peneliti sebagai pisau analisisnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh warga sekolah melakukan adaptasi dalam penerapan pembelajaran PIESQ yang diwujudkan dengan kegiatan (a) Physic yakni BL atau Belajar Lapangan Healthy day dan media pembelajaran yang menggunakan kekuatan fisik siswa (b) Intelectual dengan adanya 1 mata pelajaran dalam 1 hari dan kegiatan literasi baca (c) Emotional dengan penanaman karakter tidak ada perundungan dan senioritas di kelas baik siswa normal maupun berkebutuhan khusus serta pembiasaan kata ldquo tolong maaf dan terima kasih rdquo (d) Spiritual pelaksanaan sholat dhuha madin dan sholat dhuhur berjamaah (e) Quotient siswa diajarkan untuk berpikir logika dalam menyelesaikan masalah. Pendekatan PIESQ memiliki tujuan yang direncakan untuk memfasilitasi kebutuhan belajar siswa sesuai dengan kemampuan dan kebutuhannya. Kegiatan PIESQ dilakukan secara terintegrasi dan berkesinambungan. Faktor pendorong dan penghambat keberhasilan pendekatan ini perlu dievaluasi sebagai wujud pemeliharaan pola.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/281940

Actions (login required)

View Item View Item