Dinamika struktural fungsional dalam eksistensi usaha patung batu andesit di Dusun Jatisumber, Kabupaten Mojokerto - Repositori Universitas Negeri Malang

Dinamika struktural fungsional dalam eksistensi usaha patung batu andesit di Dusun Jatisumber, Kabupaten Mojokerto

Sari, Devy Agustin Kartika (2022) Dinamika struktural fungsional dalam eksistensi usaha patung batu andesit di Dusun Jatisumber, Kabupaten Mojokerto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sebagian besar masyarakat Dusun Jatisumber berprofesi sebagai pengrajin patung batu andesit. Namun terjadinya berbagai permasalahan menyebabkan semakin menurunnya jumlah pengrajin patung batu andesit di Dusun Jatisumber. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis dinamika struktural fungsional dalam eksistensi usaha patung batu andesit di Dusun Jatisumber. Penelitian ini menerapkan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Lokasi penelitian berada di Dusun Jatisumber Desa Watesumpak Trowulan Mojokerto. Teknik pengumpulan data diperoleh dari observasi non partisipan wawancara terstruktur serta dokumentasi. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa penurunan pengrajin patung batu andesit di Dusun Jatisumber disebabkan karena insiden bom Bali 1 tahun 2002 tempat pembuatan patung cor di Dusun Jatisumber tahun 2005 serta krisis ekonomi global tahun 2008. Pengrajin yang tidak meneruskan usahanya dapat beralih profesi maupun menjadi pemahat patung batu andesit di tempat usaha lain sehingga hanya tersisa beberapa dari pengrajin patung batu andesit yang memutuskan untuk bertahan. Adapun pengrajin yang bertahan menerapkan 10 strategi adaptasi untuk mengatasi kendala serta mempertahankan usaha patung batu andesit. Sebagaimana teori struktural fungsional dari Talcott Parsons bahwa penurunan pengrajin membentuk sistem pada usaha patung batu andesit hal ini peranan yang dimiliki pengrajin serta pemahat saling berkaitan dalam sistem. Sehingga bagian dari AGIL dilakukan agar sistem dapat bertahan yang diantaranya meliputi penentuan 10 strategi adaptasi (adaptation) strategi adaptasi diterapkan untuk mewujudkan tujuan (goal attainment) pelaksanaan strategi adaptasi melalui kerja sama (integration) menjaga usaha patung batu andesit dengan menerapkan strategi adaptasi (latency).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jan 2022 04:29
Last Modified: 14 Aug 2023 04:40
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/281938

Actions (login required)

View Item View Item