Konstruksi sosial tradisi methik pari di Desa Genengan Kabupaten Blitar / Bella Fadhilatus Sanah - Repositori Universitas Negeri Malang

Konstruksi sosial tradisi methik pari di Desa Genengan Kabupaten Blitar / Bella Fadhilatus Sanah

Sanah, Bella Fadhilatus (2022) Konstruksi sosial tradisi methik pari di Desa Genengan Kabupaten Blitar / Bella Fadhilatus Sanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tradisi methik pari menjadi salah satu ritual adat sedekah bumi pada masyarakat Jawa. Tradisi methik pari terus berkembang menjadi sebuah realitas sosial di masyarakat. Proses pembentukan realitas sosial tersebut dihasilkan oleh adanya konstruksi sosial. Melalui artikel ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kondisi sosial masyarakat serta tahap pembentukan realitas sosial dalam tradisi methik pari di Desa Genengan. Dalam hal ini ditinjau dari teori Konstruksi Sosial yang dicetuskan oleh Peter L. Berger dan Thomas Luckmann dengan gagasannya tiga momen dialektika dalam tahapan pembentukan konstruksi sosial. Artikel ini merupakan kajian dengan pendekatan kualitatif dengan penentuan informan penelitian secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi wawancara dan observasi. Guna melakukan analisis data dilakukan beberapa tahapan yaitu reduksi data penyajian data dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa tradisi methik pari merupakan tradisi yang dilaksanakan setiap kali menjelang masa panen padi. Tradisi tersebut telah menjadi adat dan kebudayaan serta berperan penting dalam pembentukan hubungan sosial di masyarakat. Dalam prakteknya realitas sosial dalam pelaksanaan tradisi methik pari tercipta melalui tahapan eksternalisasi objektivasi serta internalisasi. Pada tradisi methik pari terdapat nilai serta norma yang disepakati secara bersama dan diimplementasikan dalam kehidupan masyarakat. Tradisi methik pari juga menjadi bentuk ritual doa mengucap rasa syukur serta penghormatan pada leluhur terdahulu. Para petani secara ajek melestarikan tradisi methik pari serta mengaplikasikan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Dec 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/281936

Actions (login required)

View Item View Item