Dinamika pembelajaran sosiologi selama pandemi covid-19 di SMAN 10 Malang / Achmad Fikri Dzikrillah - Repositori Universitas Negeri Malang

Dinamika pembelajaran sosiologi selama pandemi covid-19 di SMAN 10 Malang / Achmad Fikri Dzikrillah

Dzikrillah, Achmad Fikri (2022) Dinamika pembelajaran sosiologi selama pandemi covid-19 di SMAN 10 Malang / Achmad Fikri Dzikrillah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia mengharuskan pelaksanaan pendidikan di Indonesia dilakukan secara daring. Pelaksanaan pembelajaran daring yang mendadak serta keterbatasan pada berbagai aspek dalam pembelajaran kemudian memunculkan sejumlah permasalahan selama pelaksanaan pembelajaran daring. Berbagai evaluasi dilakukan pada berbagai aspek dalam proses pembelajaran meliputi kebijakan pelaksanaan kurikulum metode penyampaian materi media pembelajaran metode assesmen dan kegiatan berkelompok. Evaluasi yang dialami selama pelaksanaan pembelajaran daring memungkinkan pelaksanaan pembelajaran untuk dapat berlangsung dengan lebih baik dari sebelumnya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dinamika dalam pelaksanaan pembelajaran sosiologi pada masa sebelum selama dan setelah pandemi Covid-19 di SMAN 10 Malang. Penelitian ini dilaksanan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Metode dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini memungkinkan peneliti untuk dapat mengumpulkan data secara mendalam dan menyeluruh terkait berbagai dinamika dalam pembelajaran sosiologi di SMAN 10 Malang. Berdasarkan penelitian ini ditemukan bahwa pelaksanaan pembelajaran di SMAN 10 Malang mengalami banyak perubahan selama pandemi Covid-19 sebagai upaya adaptasi terhadap keterbatasan akibat diterapkannya kebijakan pembatasan aktivitas masyarakat oleh pemerintah untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 di Indonesia. Perubahan dilakukan pada hampir semua aspek dalam pembelajaran sosiologi seperti penerapan kurikulum darurat yang menyederhanakan dan memfleksibelkan K13 sesuai dengan sumber daya yang dimiliki pemanfaatan teknologi dalam kegiatan pembelajaran pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi pengembangan metode asesmen berbasis daring hingga aktivitas belajar siswa yang diintegrasikan dengan teknologi. Pembelajaran sosiologi di SMAN 10 Malang mengalami perubahan dari masa sebelum pandemi yang banyak memanfaatkan media belajar dan asesmen cetak serta metode penyampaian materi yang dominan ceramah. Penyesuaian pada pembelajaran sosiologi selama masa pandemi dilakukan pada media pembelajaran yang berbasis teknologi daring agar dapat mengakomodasi kegiatan pembelajaran. Selain itu metode assesmen juga beralih dengan memanfaatkan berbagai media baru yang lebih efektif dan menyenangkan. Kegiatan berkelompok siswa juga menjadi lebih beragam seriring dengan banyaknya inovasi pada aplikasi-aplikasi media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/281923

Actions (login required)

View Item View Item