Pilihan rasional perempuan dalam pasar kerja di industri genteng Kabupaten Kediri / Naneng Minahaya - Repositori Universitas Negeri Malang

Pilihan rasional perempuan dalam pasar kerja di industri genteng Kabupaten Kediri / Naneng Minahaya

Minahaya, Naneng (2022) Pilihan rasional perempuan dalam pasar kerja di industri genteng Kabupaten Kediri / Naneng Minahaya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pasar kerja mengalami banyak perubahan jika dahulu pasar kerja lebih banyak diperuntukkan untuk laki-laki kini perempuan memiliki banyak kesempatan untuk masuk dalam pasar kerja. Dusun Templek merupakan salah satu dusun yang berada di Desa Gadungan Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri mayoritas masyarakat perempuan bekerja di industri genteng yang mana notabennya industri genteng di berbagai daerah dilakukan oleh laki-laki namun berbeda dengan industri genteng di Dusun Templek. Kajian ini mencoba mendeskripsikan pilihan rasional perempuan dalam memasuki pasar kerja di industri genteng yang terdapat di Dusun Templek menggunakan teori pilihan rasional oleh James Samuel Coleman dan dilakukan menggunakan penelitian kualitatif dengan berbagai teknik pengumpulan data observasi wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua kategori aktor pekerja perempuan yakni aktor pemilik modal dan aktor buruh perempuan. Kondisi sosial ekonomi relatif rendah hal tersebut didukung oleh hasil temuan bahwa tingkat pendidikan masyarakat perempuan pekerja genteng di Dusun Templek mayoritas SD sedangkan dalam segi ekonomi masyarakat Dusun Templek banyak terpilih sebagai penerima bantuan pemerintah berupa BLT (Bantuan Langsung Tunai) dan PKH (Program Keluarga Harapan). Pilihan aktor atas keputusan untuk memasuki pasar kerja industri genteng dilatarbelakangi oleh berbagai hal diantaranya karena usaha turun temurun keterbatas pendidikan serta keterampilan. Terjadi subordinasi antar aktor karena perbedaan sumber daya yang dimiliki. Dalam hal ini aktor pemilik modal menjadi superior dan aktor buruh menjadi inferior.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/281922

Actions (login required)

View Item View Item