Konstruksi sosial pedagang pakaian akibat perubahan kondisi pasar tradisional pamenang Kecamatan Pare Kabupaten Kediri - Repositori Universitas Negeri Malang

Konstruksi sosial pedagang pakaian akibat perubahan kondisi pasar tradisional pamenang Kecamatan Pare Kabupaten Kediri

Anggraeni, Dewi Ayu (2022) Konstruksi sosial pedagang pakaian akibat perubahan kondisi pasar tradisional pamenang Kecamatan Pare Kabupaten Kediri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Salah satu dampak dari bentuk kemajuan teknologi yang terjadi saat ini adalah penggunaan internet. 64 8% masyarakat Indonesia menggunakan internet terutama media sosial dalam kehidupan sehari-hari. Fenomena tersebut dapat dikatakan sebagai perubahan sosial budaya secara cepat apalagi dalam hal belanja online. E-Commerce menjadi salah satu bentuk dari adanya perkembangan teknologi sebelumnya masyarakat hanya bisa berbelanja secara konvensional kini mereka dapat berbelanja melalui E-Commerce. Pada tahun 2020 Indonesia dilanda pandemi Covid-19 yang menyebabkan terjadinya peningkatan dalam penggunaan E-Commerce. Hal ini berdampak pada perubahan kondisi pasar tradisional karena masyarakat lebih merasakan kemudahan dalam menggunakan E-Commerce. Sehingga berdampak pada penurunan pendapatan dari pasar tradisional akibat maraknya fenomena E-Commerce ini terlebih di tengah pandemi Covid-19. Permasalahan yang terjadi dalam penelitian ini adalah Pasar Pamenang Pare mengalami perubahan kondisi sebelum pandemi Covid-19. Sehingga fokus penelitian ini membahas perubahan kondisi di Pasar Pamenang Pare dan dampak perubahan kondisi tersebut terhadap strategi perdagang pakaian. Peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data observasi wawancara serta dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perubahan kondisi Pasar Pamenang Pare adalah adanya relokasi pasar bidang sayuran ke Pasar Induk Pare serta adanya pedagang yang berjualan di luar area pasar. Dampak dari adanya perubahan tersebut adalah pedagang pakaian yang sebelumnya berdagang secara konvensional mulai mencoba mengoperasikan E-Commerce namun kembali lagi ke cara berdagang konvensional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jan 2022 04:29
Last Modified: 14 Aug 2023 06:07
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/281920

Actions (login required)

View Item View Item