Pengembangan media virmap (virtual mapping) berbasis aplikasi kubity tentang perkembangan industrialisasi gula masa kolonial belanda untuk pembelajaran sejarah peserta didik Kelas xi di SMAN 1 Boyolangu / Muhammad Mas'ud Arifin</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media virmap (virtual mapping) berbasis aplikasi kubity tentang perkembangan industrialisasi gula masa kolonial belanda untuk pembelajaran sejarah peserta didik Kelas xi di SMAN 1 Boyolangu / Muhammad Mas'ud Arifin</p>

Arifin, Muhammad Mas'ud (2023) Pengembangan media virmap (virtual mapping) berbasis aplikasi kubity tentang perkembangan industrialisasi gula masa kolonial belanda untuk pembelajaran sejarah peserta didik Kelas xi di SMAN 1 Boyolangu / Muhammad Mas'ud Arifin</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Media pembelajaran digunakan untuk membantu pembelajaran supaya berjalan dengan baik sesuai dengan tujuan. Perkembangan teknologi mendorong berbagai media pembelajaran yang berbasis digital. Berbagai perangkat elkotronik bisa digunakan untuk mengakses media dan sumber belajar. Observasi dilakukan di SMAN 1 Boyolangu tujuannya untuk memperoleh data yang bisa dijadikan dasar penelitian. Observasi melalui wawancara dan penggunaan angket (google formulir) dilakukan untuk memperoleh data. Hasil dan kesimpulannya pengetahuan tentang sejarah kolonial Belanda masih rendah. Potensi dapat dilihat dari berbagai fasilitas pendukung pembelajaran. Beberapa fasilitas seperti akses internet (Wifi) proyektor setiap kelas perpustakaan laboratorium (komputer fisika dan kimia) dan berbagai peralatan praktik sesuai matapelajaran. Dukungan pembelajaran juga diberikan pihak sekolah dan orangtua dengan memperbolehkan peserta didik menggunakan Hp atau laptop selama pembelajaran. Peran guru penting untuk mengawasi penggunaan perangkat elktronik selama belajar. Berdasarkan hasil observasi kelas XI Mipa 3 dan materi tentang perkembangan industrialisasi gula masa kolonial Belanda menjadi dasar untuk menghadirkan produk pembelajaran. Media yang dikembangkan bernama VirMap (Virtual Mapping) dengan menggunakan aplikasi bernama Kubity. Penelitian dilkaukan menggunakan metode Research and Development (R amp D) yang dikembangkan oleh Sugiyono (2013). Terdapat sepuluh langkah kerja yang harus dilalui yaitu 1) Potensi dan Masalah 2) Pengumpulan Data 3) Desain Produk 4) Validasi Desain 5) Revisi Desain 6) Uji Coba 7) Revisi Produk 8) Uji Coba 9) Revisi Produk 10) Produksi Massal. Selama melakukan langkah atau tahap tersebut juga dilakukan penilaian produk. Tujuannya untuk menghasilkan produk yang layak valid dan efiktif sebagai media pembelajaran. Proses penilaian dilakukan kepada beberpa subjek seperti validator materi validator media uji coba kelompok kecil sebanyak 6 peserta didik dan uji coba kelompok besar sebanyak 24 peserta didik. Hasil penyajian data penelitian dan pengembangan pengembangan merupakan hasil akhir untuk menilai produk. Tahapan validasi materi memperoleh prensentase total 97 7% dengan kategori sangat valid dan validator menyatakan layak. Validasi media memperoleh presentase total 91 6% dengan kategori sangat valid dan validator media menyatakan layak dengan revisi. Kemudian uji coba lapangan dengan pembagian kelompok kecil dan besar menjadi tahapan yang harus dilalui untuk menilai efektifitas media pembelajaran yang dihasilkan. Hasilnya mendapatkan raiso 95 8% dan 95 4% dengan kategori sangat efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Mar 2023 04:29
Last Modified: 05 Apr 2023 03:23
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/281763

Actions (login required)

View Item View Item