Pengembangan media permainan ludo king berbasis qr code untuk pembelajaran sejarah pada materi penyebaran dan dukungan Kemerdekaan Indonesia untuk siswa Kelas XI IPS SMAN 5 Samarinda / Agung Prasetyo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media permainan ludo king berbasis qr code untuk pembelajaran sejarah pada materi penyebaran dan dukungan Kemerdekaan Indonesia untuk siswa Kelas XI IPS SMAN 5 Samarinda / Agung Prasetyo

Prasetyo, Agung (2023) Pengembangan media permainan ludo king berbasis qr code untuk pembelajaran sejarah pada materi penyebaran dan dukungan Kemerdekaan Indonesia untuk siswa Kelas XI IPS SMAN 5 Samarinda / Agung Prasetyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Permasalahan dalam pembelajaran sejarah yaitu banyak tenaga pendidik yang hanya fokus pada ceramah serta hafalan saja. Kemudian banyak peserta didik yang beranggapan bahwa pelajaran sejarah kurang berguna dan membuat jenuh. Persoalan paling utama yaitu banyak pendidik yang tidak tepat menggunakan media pembelajaran serta kurang korelasi dengan pelajaran lainnya yang menyebabkan pendidik sering gagal dalam mengajar pembelajaran sejarah. Kebanyakan peserta didik lebih menyukai pembelajaran secara bergerak dibandingkan hanya duduk. Berdasarkan permasalahan tersebut tujuan penelitian pengembangan ini yaitu menghasilkan sebuah produk pengembangan media permainan Ludo King berbasis QR Code untuk pembelajaran sejarah pada materi penyebaran dan dukungan kemerdekaan Indonesia untuk kelas XI IPS SMAN 5 Samarinda. Ludo King yaitu permaianan tradisional dari India yang sudah lama dimainkan permainan ini bertujuan untuk mencapai kemenangan atau menjadi raja bagi pemain yang sampai ke finish terlebih dahulu. Media tersebut adalah media pembelajaran yang menggabungkan media cetak dengan aplikasi scan QR Code pada smartphone. Ludo King berbasis QR Code ini mengangkat peristiwa penyebaran dan dukungan kemerdekaan Indonesia. Materi dan soal pada Ludo King dikemas dalam kartu QR Code untuk memudahkan pembelajaran. Terdapat buku sisipan materi berbentuk pdf untuk memudahkan penggunaannya dalam pembelajaran. Ludo King berbasis QR Code dikembangkan dengan menggunakan metode pengembangan ADDIE yang memiliki lima tahapan yaitu (1) analysis (2) design (3) development (4) implementation dan (5) evaluation. Ludo King berbasis QR Code yang dikembangkan untuk menghasilkan produk media pembelajaran yang memenuhi kelayakan sebuah produk media pembelajaran yaitu valid serta efektif. Uji validasi dilakukan oleh dua ahli yaitu ahli materi dan ahli media uji efektivitas dilakukan oleh peserta didik dengan melakukan pengisian angket efektivitas media. Pengujian pada peserta didik dilakukan dengan dua tahapan yaitu uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar uji coba kelompok kecil melibatkan peserta didik kelas XI IPS SMAN 5 Samarinda sebanyak 8 peserta didik serta uji coba kelompok besar yang melibatkan peserta didik kelas XI IPS sebanyak 32 peserta didik. Pengembangan media Ludo King berbasis QR Code telah berhasil mengembangkan produk yang memenuhi kriteria valid serta efektif. Pada materi yang disajikan dalam media pembelajaran tersebut mendapatkan persentase kevalidan sebesar 96% dan pada produk media pembelajaran tersebut mendapatkan persentase kevalidan sebesar 88%. Pada aspek keefektivan produk mencapai persentase sebesar 95% pada kelompok kecil dan persentase sebesar 82% pada kelompok besar. Berdasarkan hasil tersebut media pembelajaran Ludo King berbasis QR Code dapat dikategorikan sebagai media pembelajaran yang valid dan efektif untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Feb 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/281750

Actions (login required)

View Item View Item