Pengembangan media GS-Seris (Google Sites Sejarah Islam) materi proses islamisasi oleh Sunan Giri untuk Kelas XI IPS SMAN 1 Menganti Gresik / Muhaimin Subarkah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media GS-Seris (Google Sites Sejarah Islam) materi proses islamisasi oleh Sunan Giri untuk Kelas XI IPS SMAN 1 Menganti Gresik / Muhaimin Subarkah

Subarkah, Muhaimin (2023) Pengembangan media GS-Seris (Google Sites Sejarah Islam) materi proses islamisasi oleh Sunan Giri untuk Kelas XI IPS SMAN 1 Menganti Gresik / Muhaimin Subarkah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Subarkah Muhaimin. 2022. Pengembangan Media GS-SERIS (Google Sites Sejarah Islam) Materi Proses Islamisasi Oleh Sunan Giri Untuk Kelas XI IPS SMAN 1 Menganti Gresik. Skripsi. Departemen Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing Wahyu Djoko Sulistyo S.Pd M.Pd. Kata Kunci Media Pembelajaran Google Sites Sejarah Islam Sunan Giri Penelitian dan pengembangan ini telah disesuaikan dengan analisis kebutuhan peserta didik pada observasi awal yang dilakukan sesuai dengan kondisi di SMAN 1 Menganti. Kondisi di SMAN 1 Menganti bisa dikatakan sebagai lembaga pendidikan yang cukup memberikan fasilitas kepada peserta didik. Namun ketika terjadi pandemi Covid-19 pembelajaran sejarah di SMAN 1 Menganti dilakukan secara daring. Analisis kebutuhan berlandaskan pada potensi dan masalah yang ada di kelas XI IPS 3 SMAN 1 Menganti. Potensi yang ditemukan yaitu sarana dan prasarana yang memadai seperti ada laboratorium komputer wifi sekolah penggunaan smartphone dan laptop pada pembelajaran dan juga keahlian peserta didik dalam mengoperasikan sebuah koneksi internet begitu piawai. Sedangkan analisis masalah yang pertama yakni pembelajaran belum memaksimalkan pembelajaran menggunakan gaya digital. Kedua penggunaan media masih memanfaatkan Powerpoint dan sejenisnya. Ketiga pembelajaran sejarah belum menggunakan fasilitas secara maksimal sehingga menyebabkan pembelajaran menjadi monoton dan belum maksimal. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti merujuk pada model penelitian dan pengembangan Sugiyono (2016). Model penelitian dan pengembangan dari Sugiyono (2016) ini terdiri dari sepuluh tahapan dan telah dilakukan modifikasi oleh peneliti menjadi Sembilan tahapan yang dijelaskan sebagai berikut 1) Potensi dan Masalah 2) Pengumpulan Data 3) Desain Produk 4) Validasi Desain 5) Revisi Produk 6) Uji Coba Produk 7) Revisi Produk 8) Uji Coba Pemakaian 9) Revisi Produk 10) Produksi Terbatas. Hasil penelitian dan pengembangan yang ditujukan dari proses validasi ahli materi didapatkan persentase sebesar 94 23% dengan kriteria sangat valid. Selanjutnya dari proses validasi ahli media mendapatkan persentase sebesar 92 85% dengan kriteria sangat valid. Kemudian untuk hasil akhir uji coba kelompok kecil yang dilakukan secara offline dengan 9 peserta memperoleh persentase sebesar 92 59% dengan kriteria sangat layak. Sedangkan untuk uji coba kelompok besar yang dilakukan secara offline dengan 23 peserta memperoleh persentase sebesar 91 73% dengan kriteria sangat layak. Serangkaian tahapan yang dilakukan baik dari ahli validator dan ahli pengguna (peserta uji coba produk) hasil yang diperoleh berdasarkan pada pedoman tingkat validitas dan kelayakan produk termasuk dalam kategori sangat valid dan sangat layak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Feb 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/281747

Actions (login required)

View Item View Item