Pengembangan media pembelajaran flipbook berbasis website tentang Kerajaan Mataram Kuno di Jawa Timur untuk kelas x SMA Negeri 10 Malang / Syukhaifatul Mumtazah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran flipbook berbasis website tentang Kerajaan Mataram Kuno di Jawa Timur untuk kelas x SMA Negeri 10 Malang / Syukhaifatul Mumtazah

Mumtazah, Syukhaifatul (2023) Pengembangan media pembelajaran flipbook berbasis website tentang Kerajaan Mataram Kuno di Jawa Timur untuk kelas x SMA Negeri 10 Malang / Syukhaifatul Mumtazah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Mumtazah Syukhaifatul. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook berbasis Website Tentang Kerajaan Mataram Kuno di Jawa Timur Untuk Siswa Kelas X SMA Negeri 10 Malang. Skripsi Departemen Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang Pembimbing Dr. Ari Sapto M. Hum. Kata Kunci Media Pembelajaran flipbook website Kerajaan Mataram Kuno Jawa Timur motivasi belajar. Media pembelajaran memiliki fungsi untuk membangkitkan motivasi atau minat belajar dan membantu siswa dalam memahami pembelajaran yang disampaikan. Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti di SMA Negeri 10 Malang dalam pembelajaran sejarah guru sudah memanfaatkan gaged untuk menunjang pembelajaran. Namun itu belum dilakukan secara maksimal dalam artian belum ada media yang dibuat oleh guru secara khusus untuk menunjang kegiatan pembelajaran siswa. Berdasarkan kondisi hasil observasi tersebut maka peneliti memiliki tujuan untuk menghasilkan media pembelajaran yang dapat digunakan untuk kelas X SMA/MA pada matapelajaran sejarah khususnya materi Kerajaan Mataram Kuno Jawa Timur. Tujuan kedua adalah untuk menguji keefektivitasan produk dalam rangka meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 10 Malang. Peneliti menggunakan metode Penelitia dan Pengembangan atau R amp D (Research and Development). Metode yang digunakan ini adalah metode milik Sugiyono terdiri dari (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi desain (5) revisi desain (6) uji coba produk (7) revisi produk (8) uji coba pemakaian (9) revisi produk akhir (10) produksi massal yang kemudian telah dimodivikasi oleh peneliti menjadi produksi produk. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data berupa observasi wawancara dan angket. Hasil penelitian dan pengembangan media pembelajaran flipbook berbasis website tentang materi Kerajaan Mataram Kuno di Jawa Timur ini valid untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Produk tersebut telah divalidasi oleh ahli materi dan ahli media yang mana masing-masing mendapat prosentase sebesar 87 5% dan 77 5%. Dari hasil yang diperoleh dapat dikatakan bahwa media pembelajaran tersebut layak dan dapat diuji cobakan. Hasil uji coba kelompok kecil dan kelompok besar masing-masing mendapat prosentase 83 7% dan 86 4%. Dari hasil yang diperoleh ini dapat dikatakan bahwa media pembelajaran flipbook berbasis website tentang materi Kerajaan Mataram Kuno di Jawa Timur layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Feb 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/281746

Actions (login required)

View Item View Item