Pengembangan e-Modul Pes (e-Mopes) berbasis google sites materi sejarah epidemi pes di kelas XI SMA Panjura Malang / Guntur Adi Putra - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-Modul Pes (e-Mopes) berbasis google sites materi sejarah epidemi pes di kelas XI SMA Panjura Malang / Guntur Adi Putra

Putra, Guntur Adi (2022) Pengembangan e-Modul Pes (e-Mopes) berbasis google sites materi sejarah epidemi pes di kelas XI SMA Panjura Malang / Guntur Adi Putra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

E-Modul Pes (E-Mopes) merupakan produk bahan ajar electronic modul (e-modul) multimedia berbasis Google Sites. E-Mopes dikembangkan untuk membantu peserta didik dalam mencapai Kompetensi Dasar (KD) 3.3 yakni menganalisis dampak politik budaya sosial ekonomi dan pendidikan pada masa penjajahan bangsa Eropa (Portugis Spanyol Belanda Inggris) dalam kehidupan bangsa Indonesia masa kini pada mata pelajaran Sejarah Indonesia kelas XI Kurikulum 2013 (K-13). Materi yang digagas dalam produk ini ialah sejarah epidemi pes di Malang tahun 1911-1916. Pemilihan materi ini didasarkan atas potensi dan kebutuhan pembelajaran yang digali pada sasaran penelitian kelas XI Sekolah Menengah Atas (SMA) Panjura Malang. Pengembangan E-Mopes tidak terlepas dari adaptasi model pembelajaran berbasis digital yang signifikan pasca pandemi Covid-19 awal tahun 2020. Riset ini berorientasi pada jenis penelitian dan pengembangan dengan model 4-D oleh Thiagarajan dkk. (1974). Model 4-D tersusun atas tahap define design development dan disseminate. Pada tahap define peneliti menemukan dan mengerucutkan potensi serta permasalahan sebagai latar belakang pengembangan melalui beberapa analisis seperti analisis ujung depan peserta didik dan seterusnya. Memasuki tahapan design secara umum bagian ini berisikan langkah-langkah konseptual dan teknis berkaitan dengan perancangan produk E-Mopes berdasarkan analisis kebutuhan dalam tahap define. Selanjutnya pada tahap development peneliti melakukan uji kelayakan (validasi) dan uji coba keefektifan terhadap sasaran pengembangan. Berdasarkan hasil validasi materi produk ini memperoleh persentase kelayakan sebesar 96% sedangkan validator bahan ajar memberi penilaian sebesar 92%. Kedua hasil validasi ini tergolong sangat valid dan bisa diujicobakan kepada subjek penelitian. Pada uji coba di kelas XI SMA Panjura Malang kelompok kecil menghasilkan persentase penilaian sebesar 81%. Dilanjutkan dengan uji coba kelompok besar persentase penilaian E-Mopes meningkat sebesar 4% sehingga persentase keefektifan produk menjadi 85%. Kedua hasil uji coba ini menunjukkan bahwa E-Mopes sangat efektif digunakan sebagai bahan ajar. Pasca uji coba dan perbaikan maka tahapan terakhir yakni disseminate atau penyebaran. Diseminasi E-Mopes dalam penelitian ini dibatasi pada sasaran penelitian yakni peserta didik kelas XI SMA Panjura Malang. Akan tetapi dalam pengembangan lebih lanjut peneliti menyarankan agar pengembangan ini dapat dimanfaatkan secara luas oleh pihak yang berkebutuhan khususnya peserta didik dan pengajar sejarah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/281741

Actions (login required)

View Item View Item