Penerapan model pembelajaran kooperatif numbered heads together sebagai upaya peningkatan hasil belajar sejarah, siswa kelas xi ips 1 di MA Bilingual Batu tahun ajaran 2021 - 2022 / Izzul Adi Nugraha - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kooperatif numbered heads together sebagai upaya peningkatan hasil belajar sejarah, siswa kelas xi ips 1 di MA Bilingual Batu tahun ajaran 2021 - 2022 / Izzul Adi Nugraha

Nugraha, Izzul Adi Nugraha (2022) Penerapan model pembelajaran kooperatif numbered heads together sebagai upaya peningkatan hasil belajar sejarah, siswa kelas xi ips 1 di MA Bilingual Batu tahun ajaran 2021 - 2022 / Izzul Adi Nugraha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dari pengamatan dan observasi yang dilakukan menunjukkan perhatian siswa Kelas XI IPS 1 MA Bilingual Batu dalam mengikuti pembelajaran masih rendah ini dapat terlihat dari observasi di lapangan menunjukkan bahwa fokus pikiran siswa dalam mengikuti pelajaran Sejarah kurang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS 1 MA Bilingual Batu dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Terbukti dari hasil refleksi awal rata-rata nilai siswa 55 86 menjadi 80 29 pada siklus I dan 90 59 pada siklus II. Begitu juga dalam ketuntasan individualnya terjadi kenaikan dari jumlah siswa sebanyak 34 orang hanya 10 orang siswa yang tuntas pada refleksi awal sedangkan pada siklus I sudah mencapai 20 orang dan pada siklus II mencapai 31 orang siswa. Ketuntasan klasikal juga dapat dikatakan berhasil karena hasil belajar yang diperoleh terus mengalami peningkatan. Dari refleksi awal hanya 3.4% siswa yang tuntas sedangkan pada siklus I meningkat menjadi 58 82% dan pada siklus II sudah mencapai 91 17% yang tergolong tuntas secara klasikal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jan 2022 04:29
Last Modified: 06 Apr 2023 06:29
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/281739

Actions (login required)

View Item View Item