Pengembangan media pembelajaran sejarah lepipa (lectora inspire peradaban awal di benua eropa) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas x ips 2 di MAN 1 Malang / Khoirina Dila Nuraisah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran sejarah lepipa (lectora inspire peradaban awal di benua eropa) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas x ips 2 di MAN 1 Malang / Khoirina Dila Nuraisah

Nuraisah, Khoirina Dila (2022) Pengembangan media pembelajaran sejarah lepipa (lectora inspire peradaban awal di benua eropa) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas x ips 2 di MAN 1 Malang / Khoirina Dila Nuraisah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran di MAN 1 Malang dalam penggunaan media pembelajaran masih sangatlah minim. Guru melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan metode ceramah dan diskusi. Hal tersebut berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah selama proses pembelajaran di sekolah khususnya kelas X IPS 2. Pelajaran sejarah memiliki materi yang cenderung rumit sehingga siswa membutuhkan media yang menarik untuk meningkatkan hasil belajar. Materi yang dianggap sulit menurut siswa adalah materi peradaban awal di Benua Eropa hal tersebut dibuktikan dengan nilai ulangan harian yang rendah di bawah KKM. Hasil nilai ulangan harian siswa pada materi peradaban awal di Benua Eropa mendapatkan nilai rata-rata sebesar 66%. Berdasarkan hal tersebut dibutuhkan media pembelajaran yang dapat membantu memudahkan siswa dalam memahami materi peradaban awal di Benua Eropa. MAN 1 Malang dilengkapi dengan fasilitas LCD di setiap kelas untuk mendukung proses pembelajaran. Terpasangnya LCD di dalam kelas memiliki potensi penggunaan media pembelajaran yang inovatif di kelas. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan produk dan mengukur keefektifan media pembelajaran Lepipa untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IPS 2 di MAN 1 Malang. Media pembelajaran ini dibuat untuk menunjang pembelajaran sejarah pada materi peradaban awal di Benua Eropa. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan dari Sugiyono. Terdapat 10 tahap metode penelitian dan pengembangan yaitu potensi dan masalah pengumpulan data desain produk validasi desain uji coba pemakaian revisi produk uji coba produk revisi desain revisi produk akhir pemasaran produk. Peneliti menggunakan langkah-langkah dari Sugiyono karena peneliti ingin menguji secara ilmiah dan secara detail produk yang ditawarkan. Hasil penelitian dan pengembangan menghasilkan produk berbentuk video pembelajaran yang dilengkapi gambar dan di dalamnya terdapat slide judul slide menu slide kompetensi dasar slide petunjuk penggunaan slide materi dan slide profil pengembang. Hasil penilaian validasi materi sebesar 94% dalam kategori sangat valid dan validasi media sebesar 90% dalam kategori sangat valid. Hasil uji coba kelompok kecil mendapat persentase sebesar 89% dalam kategori efektif dan hasil uji coba kelompok besar mendapat persentase sebesar 92% dalam kategori sangat efektif. Hasil belajar siswa pre-test sebesar 64 dan post-test sebesar 79. Hasil perolehan tersebut menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa sebesar 15. Berdasarkan persentase yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Lepipa berhasil meningkatkan hasil belajar siswa dan media Lepipa dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran pada matapelajaran sejarah di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/281736

Actions (login required)

View Item View Item