Pemanfaatan media sosial sebagai media pembelajaran alternatif dalam pembelajaran sejarah berbasis daring: studi kasus sma negeri 1 dringu kabupaten probolinggo / Nastiti Lintang Muktiati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan media sosial sebagai media pembelajaran alternatif dalam pembelajaran sejarah berbasis daring: studi kasus sma negeri 1 dringu kabupaten probolinggo / Nastiti Lintang Muktiati

Muktiati, Nastiti Lintang Muktiati (2022) Pemanfaatan media sosial sebagai media pembelajaran alternatif dalam pembelajaran sejarah berbasis daring: studi kasus sma negeri 1 dringu kabupaten probolinggo / Nastiti Lintang Muktiati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keberadaan pandemi Covid-19 mengakibatkan sekolah-sekolah di Indonesia memberlakukan pembelajaran daring sehingga guru banyak memanfaatkan media-media digital atau online seperti media sosial dalam pembelajaran. Akan tetapi pada tahun 2021 pemerintah memberikan izin untuk melaksanakan pembelajaran tatap muka namun dengan skala terbatas. Kebijakan tersebut turut membuat SMA Negeri 1 Dringu juga mulai melakukan pembelajaran tatap muka dengan skala terbatas karena kondisi tersebut guru memanfaatkan media sosial ketika sekolah mengadakan pembelajaran secara daring maupun tatap muka khususnya dalam pembelajaran sejarah. Fokus dari penelitian ini adalah mengetahui dan menjelaskan bagaimana memanfaatkan media sosial sebagai alternatif media pembelajaran dalam pembelajaran sejarah khususnya secara daring. Selain itu untuk mengetahui persepsi guru dan peserta didik terhadap pemanfaatan media sosial dalam pembelajaran sejarah berbasis daring. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Langkah-langkah yang ditempuh dalam penelitian ini yaitu mengumpulkan data dengan melakukan wawancara dengan guru sejarah dan peserta didik khususnya kelas XI baik dari jurusan MIPA maupun IPS kemudian melakukan observasi secara langsung di sekolah dengan mengikuti pembelajaran sejarah baik secara daring maupun tatap muka. Selanjutnya analisis data dilakukan dengan cara reduksi data menyajikan data dan menarik kesimpulan. Kemudian pada bagian pengabsahan data dilakukan menggunakan uji kredibilitas transferability dependability dan konfirmability. Ditunjukkan dari hasil penelitian bahwa dalam pembelajaran sejarah berbasis daring guru sejarah SMA Negeri 1 Dringu khususnya guru sejarah kelas XI memanfaatkan media sosial YouTube dan podcast sebagai sumber materi dan blog berbasis website yang dibagikan melalui WhatsApp maupun Google Classroom. Pemanfaatan media sosial dalam pembelajaran sejarah berbasis daring menimbulkan beragam persepsi baik dari guru maupun peserta didik. Dari sudut pandang guru pemanfaatan media sosial dalam pembelajaran sejarah yakni positif dikarenakan media sosial adalah media yang lsquo dekat rsquo dengan peserta didik bahkan dalam aktifitas sehari-hari. Selain itu media sosial memiliki kemampuan menarik minat peserta didik belajar sejarah serta bisa meningkatkan ilmu pengetahuan peserta didik. Kemudian dari sudut pandang peserta didik ada dua yakni positif dan negatif dari sudut pandang positif dengan media sosial peserta didik dapat mencari sumber materi dengan beragam versi serta dapat menyesuaikan dengan gaya belajar mereka. Sedangkan dari sudut pandang negatif kurangnya pemahaman materi oleh peserta didik meskipun guru menggunakan media sosial hal tersebut disebabkan karena guru membiarkan peserta didik belajar secara mandiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Mar 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/281609

Actions (login required)

View Item View Item