Relevansi makam Syekh Al Wasil sebagai bukti historis penyebaran agama Islam di Kota Kediri / Ervin Yunus Evendi - Repositori Universitas Negeri Malang

Relevansi makam Syekh Al Wasil sebagai bukti historis penyebaran agama Islam di Kota Kediri / Ervin Yunus Evendi

Evendi, Ervin Yunus (2023) Relevansi makam Syekh Al Wasil sebagai bukti historis penyebaran agama Islam di Kota Kediri / Ervin Yunus Evendi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Syekh Wasil Syamsuddin bagi warga Kediri dan sekitarnya merupakan sosok tokoh penyebar agama Islam pertama di Kota Kediri. Kisah ketokohan Syekh Al Wasil hingga sekarang lebih banyak berasal dari cerita tutur yang berkembang di masyarakat dan didukung oleh artefak yang berada dalam makam yakni berupa batu nisan dan epitaph dengan tulisan arab pada dinding makam Artefak yang ada dalam makam tersebut dipercaya sebagai sebagai penanda masa atau tahun meninggalnya tokoh ini. Selain menyebarkan agama Islam di kota Kediri kedatangan Syekh Al Wasil Syamsuddin diduga juga di latar belakangi oleh undangan dari Prabu Sri Aji Jayabaya dimana undangan ini bertujuan untuk membahas kitab musarar atau biasa dikenal dengan serat jangka jayabaya. Selain itu opini lain muncul jika melihat bentuk makam dari Syekh Al Wasil dimana Bentuk arsitektur serta ornamen yang ada dalam kompleks makam setono Gedong tepatnya pada makam Syekh Al Wasil memiliki kesamaan dengan kompleks makam sunan Drajad yang berada di Lamongan. Penelitian ini bertujuan untuk menggali fakta sejarah mengenai ketokohan Syekh Al Wasil dalam penyebaran agama Islam di kota Kediri melalui peninggalan makam Syekh Al Wasil yang dapat dijadikan sebagai bukti dan sumber historis. Dalam upaya penggalian data penulis menggunakan metode historis dan artikel disusun dalam penelitian kualitatif deskriptif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
C Auxiliary Sciences of History > CB History of civilization
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Mar 2023 04:29
Last Modified: 11 Aug 2023 07:37
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/281606

Actions (login required)

View Item View Item