Pengembangan media integrated quantum gis & sketchup materi peninggalan kepurbakalaan gunung penanggungan masa hindu-budha untuk pembelajaran sejarah siswa sman 1 sooko mojokerto. / M. Jihan Amirudin Mahmud - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media integrated quantum gis & sketchup materi peninggalan kepurbakalaan gunung penanggungan masa hindu-budha untuk pembelajaran sejarah siswa sman 1 sooko mojokerto. / M. Jihan Amirudin Mahmud

Mahmud, M. Jihan Amirudin Mahmud (2022) Pengembangan media integrated quantum gis & sketchup materi peninggalan kepurbakalaan gunung penanggungan masa hindu-budha untuk pembelajaran sejarah siswa sman 1 sooko mojokerto. / M. Jihan Amirudin Mahmud. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pada era globalisasi ini media pembelajaran adalah salah satu komponen terpenting untuk menunjang belajar siswa. Media pembelajaran yang menarik akan mampu mengatasi masalah umum dalam pembelajaran sejarah yaitu rasa bosan. Terlebih lagi jika kita pahami terdapat hambatan dalam belajar sejarah yaitu keterbatasan kita untuk mengamati peristiwa secara langsung. Maka dari itu seorang pendidik harus bisa merunut jejak minus jejak yang ditinggalkan oleh suatu peristiwa sejarah. Dalam merunut jejak minus jejak yang ditinggalkan ini tentu tidak dapat dipisahkan dari aspek keruangan (spasial) yang menunjang pemahaman siswa dalam pembelajaran sebuah materi sejarah. Pengambilan materi peninggalan Kepurbakalaan Gunung Penanggungan masa Hindu-Budha dikarenakan masih ada siswa di Mojokerto yang belum mengenal ataupun mengetahui tentang keberadaan situs budaya ini. Berdasarkan kondisi tersebut maka peneliti bermaksud melakukan sebuah inovasi untuk mengembangkan media pembelajaran yang mampu menampilkan lokasi serta jejak peninggalan yang ada di Gunung Penanggungan. Peneliti menggunakan media pembelajaran sejarah berbasis 3 Dimensi yang dibuat pada komputer menggunakan software Quantum GIS dan Sketchup. Penelitian ini bertujuan untuk menguji tingkat validitas produk dan kelayakan produk terhadap siswa. Penelitian ini memanfaatkan prosedur model pengembangan ADDIE dari Dick and Carry yang memiliki lima tahapan yang harus dilalui. Model pengembangan ini terdiri dari tahapan analisis desain pengembangan implementasi dan evaluasi yang sudah dijelaskan sebelumnya. Namun pada penelitian pengembangan kali ini hanya akan melakukan sampai langkah keempat. Beberapa hasil yang didapatkan dalam penelitian yaitu hasil uji kevalidan materi mendapat persentase sebesar 93 34% hasil validasi ahli media mencapai persentase 94% hasil uji kepraktisan diperoleh dari angket penilaian guru Sejarah dengan persentase kepraktisan 80% dan uji coba kepraktisan kepada siswa mendapat persentase sebesar 90% yang berarti media pembelajaran dapat dikatakan layak dalam pembelajaran di sekolah. Pada penelitian ini masih ditemukan beberapa kekurangan dalam pengembangan media pembelajaran yang dibuat sehingga masih terbuka lebar penelitian lanjutan dengan memanfaatkan data objek 3 dimensi yang dibuat peneliti saat ini maupun dari ide pemanfaatan Quantum GIS dan Sketchup untuk materi pembelajaran sejarah lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Mar 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/281604

Actions (login required)

View Item View Item