Pengembangan media pembelajaran manik (maket elektronik) berbasis augmented reality tentang pendidikan karakter pada candi surawana kelas X IIS MAN 4 Kediri / Muhammad Lingga Andana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran manik (maket elektronik) berbasis augmented reality tentang pendidikan karakter pada candi surawana kelas X IIS MAN 4 Kediri / Muhammad Lingga Andana

Andana, Muhammad Lingga (2022) Pengembangan media pembelajaran manik (maket elektronik) berbasis augmented reality tentang pendidikan karakter pada candi surawana kelas X IIS MAN 4 Kediri / Muhammad Lingga Andana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Media pembelajaran menjadi salah satu komponen penting dalam pembelajaran. Kebutuhan media pembelajaran pada masa ini adalah media pembelajaran interaktif yang dapat mendukung proses pembelajaran karena dapat mengantisipasi sikap pasif dan kurangnya respon peserta didik terhadap pembelajaran. Meskipun demikian terdapat persoalan dalam keberlangsungan pembelajaran sejarah di kelas X IIS MAN 4 Kediri. Karena pemanfaatan media pembelajaran interaktif kurang diberlakukan secara optimal terutama pada materi yang bersinggungan dengan peninggalan sejarah yang ada di sekitar sekolah sehingga peserta didik kurang memahami peninggalan-peninggalan sejarah di sekitar mereka. Oleh sebab itu peneliti memberi inovasi media pembelajaran interaktif yang mampu menjadi solusi permasalahan tersebut. Pengembangan media ldquo Manik Surawana rdquo menjadi salah satu solusi yang memberikan kemudahan peserta didik memahami pendidikan karakter pada Candi Surawana. Penelitian dan pengembangan ini menerapkan model Borg and Gall yang terdiri dari 10 tahapan namun hanya menerapkan 7 tahapan. Langkah-langkah yang dilakukan berdasarkan model tersebut yaitu 1) potensi dan masalah 2) Pengumpulan informasi 3) Desain produk 4) Validasi desain 5) Revisi desain 6) Uji coba produk 7) Revisi produk. Penelitian ini menggunakan dua basis data yaitu kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif didapat dari angket berbentuk numerik yang diberikan kepada validator media validator materi dan peserta didik. Data kualitatif didapat dari komentar validator media validator materi dan peserta didik yang bersifat deskriptif. Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi media pembelajaran ldquo Manik Surawana rdquo yang memuat materi pendidikan karakter pada Candi Surawana yang termuat pada relief-reliefnya. Pengembangan konten materi mengacu pada kompetensi dasar 3.6 mata pelajaran Sejarah Indonesia. Manik Surawana menyajikan fitur materi scan ar kuis petunjuk tentang dan keluar. Aplikasi ldquo Manik Surawana rdquo dapat digunakan pada smartphone berbasis android dengan sistem operasi minimal versi 6.0 dengan mode offline. Hasil uji coba produk media pembelajaran ldquo Manik Surawana rdquo diujicobakan pada kelas X IIS 4 MAN 4 Kediri. Hasil validator materi mendapat nilai 98 6% masuk dalam kualifikasi valid dan layak. Hasil validator media mendapat nilai 97 2% yang berarti valid dan layak digunakan. Hasil uji coba kelompok kecil menunjukan angka 83 5% dan masuk pada kualifikasi valid dan layak. Serta hasil uji coba kelompok besar menunjukan angka 86% masuk pada kualifikasi valid dan layak. Penelitian lebih lanjut dapat memperluas skala kebutuhan peserta didik memperluas cakupan materi serta dapat diakses seluruh jenik smarthphone.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Mar 2022 04:29
Last Modified: 25 Mar 2024 03:29
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/281602

Actions (login required)

View Item View Item