Pengembangan e-Momocan (e-Modul Moehammadijah) berbasis aplikasi canva materi Pergerakan Nasional untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas XI IPA 1 SMA Muhammadiyah 1 Babat / Muh. Nugraha Assydiqhi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-Momocan (e-Modul Moehammadijah) berbasis aplikasi canva materi Pergerakan Nasional untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas XI IPA 1 SMA Muhammadiyah 1 Babat / Muh. Nugraha Assydiqhi

Assydiqhi, Muh. Nugraha (2023) Pengembangan e-Momocan (e-Modul Moehammadijah) berbasis aplikasi canva materi Pergerakan Nasional untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas XI IPA 1 SMA Muhammadiyah 1 Babat / Muh. Nugraha Assydiqhi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pengembangan bahan ajar berupa modul elektronik yang dilakukan oleh peneliti di latar belakangi oleh permasalahan yang terjadi pada peserta didik di kelas XI IPA 1 SMA Muhammadiyah 1 Babat dalam proses pembelajaran peserta didik memiliki kurangnya variasi bahan ajar terutama pemanfaatan bahan ajar berbasis elektronik sehingga peneliti menghasilkan sebuah bahan ajar berupa modul elektronik untuk mengatasi permasalahan tersebut hal lain adalah kurangnya muatan materi sejarah Muhammadiyah pada masa pergerakan nasional sehingga peneliti juga mengembangkan materi dari sejarah organisasi Muhammadiyah tersebut. Metode yang dilakukan dalam proses penelitian ini meliputi sepuluh langkah-langkah penelitian yang dilakukan yang berisi dari (1) pengumpulan review berbagai hasil riset dan informasi terkait produk yang dikembangkan (2) menyusun rencana (3) pengembangan bentuk awal perangkat (4) melakukan pengujian tingkat awal (5) melakukan revisi bentuk awal mengikuti saran dan masukan (6) eksperimentasi awal (7) merevisi produk dengan pertimbangan eksperimen awal (8) melakukan eksperimen kembali (9) melakukan revisi kembali dan (10) implementasi produk. Proses penelitian pertama dilakukan dengan mereview penelitian terdahulu dilanjutkan dengan menyusun rencana penelitian seperti menentukan kelas menentukan materi dan proses pembelajaran di kelas dilanjutkan dengan membuat perangkat awal lalu melakukan pengujian tingkat awal yang meliputi pengujian kepada ahli materi yaitu Bapak Ronal Ridho rsquo i S.Hum M.A. dan ahli bahan ajar Ibu Lutfiah Ayundasari S.Pd M.Pd hal ini dilakukan pertama kali dengan melakukan uji materi jika sudah dilanjutkan melakukan uji bahan ajar. Setelah itu melakukan uji coba atau eksperimentasi awal kepada kelompok kecil berisi 9 siswa dilanjutkan melakukan revisi produk jika terdapat masukan dari kelompok kecil lalu melakukan uji coba kembali atau eksperimen kembali pada kelompok besar berisi 12 siswa dan melakukan revisi kembali jika terdapat masukan pada produk terakhir adalah implementasi produk. Hasil dan kesimpulan yang diperoleh dari penelitian pengembangan yang dilakukan oleh pengembang dalam pembuatan bahan ajar modul elektronik materi Muhammadiyah masa pergerakan nasional adalah skor 95% dari uji materi yang menandakan materi sangat layak digunakan lalu uji kelayakan bahan ajar mendapatkan skor 82% yang juga menandakan bahwa bahan ajar sangat layak untuk digunakan. Selanjutnya hasil pre-test post-test kelompok kecil mendapatkan signifikansi kenaikan sebesar 49% dari pre-test 51% dan post-test 100%. hasil angket dari kelompok kecil juga menunjukan angka 80% yang berarti efektif digunakan. Lalu hasil pre-test post-test kelompok besar mendapatkan signifikansi kenaikan 69 % dari pre-test 29 % dan post-test 98 % hasil angket kelompok besar juga menunjukan nilai 82% yang berarti sangat efektif digunakan dalam pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Feb 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/281601

Actions (login required)

View Item View Item