Pengembangan bahan ajar berbasis aplikasi virtual pada materi struktur petirtaan sumberbeji sebagai bangunan suci pengaruh agama hindu untuk pembelajaran sejarah Kelas x SMA Negeri Bareng Jombang / Rahmad Ganjar - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar berbasis aplikasi virtual pada materi struktur petirtaan sumberbeji sebagai bangunan suci pengaruh agama hindu untuk pembelajaran sejarah Kelas x SMA Negeri Bareng Jombang / Rahmad Ganjar

Ganjar, Rahmad (2022) Pengembangan bahan ajar berbasis aplikasi virtual pada materi struktur petirtaan sumberbeji sebagai bangunan suci pengaruh agama hindu untuk pembelajaran sejarah Kelas x SMA Negeri Bareng Jombang / Rahmad Ganjar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keberadaan materi belajar yang bersumber dari lingkungan peserta didik maupun lingkungan sekolah acapkali menjadi terasing bagi muatan bahan ajar pembelajaran sejarah di kelas. Bahan bacaan atau bahan ajar yang digunakan untuk memuat materi juga dirasa belum mampu memenuhi kebutuhan yang ada. Adapun materi-materi seperti halnya pada buku teks yang biasa digunakan dalam pembelajaran memiliki keterbatasan dalam menjangkau materi belajar yang ada pada lingkungan terdekat. Terlebih lagi kemajuan dari adanya perkembangan penggunaan teknologi pada pembelajaran menjadi hal asing juga pada buku teks yang digunakan. Hal tersebut kemudian menjadi langkah peneliti dalam mendefinsikan kebutuhan dan keperluan dari adanya pengembangan suatu bahan ajar yang mampu menjangkau keterbaruan materi dan terapan teknologinya. Sehingga permasalahan yang telah ditemukan di lapangan yakni belum terpenuhinya kebutuhan dan juga kesenjangan pengetahuan akan materi yang berasal dari lingkungan terdekat peserta didik dapat dinetralisir melalui sebuah penelitian pengembangan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk bahan ajar berbasis aplikasi virtual museum pada materi strukutur petirtaan Sumberbeji sebagai bangunan suci pengaruh agama Hindu untuk pembelajaran sejarah kelas X SMA Negeri Bareng Jombang. Adapun metode penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE yakni dengan beberapa tahap. Pertama tahap analisis kebutuhan 2) tahap desain 3) tahap pengembangan 4) tahap implementasi dan terkahir yakni tahap evaluasi. Tahap analisis kebutuhan dilakukan melalui survei lapangan dengan maksud mengimpun informasi yang dapat digunakan untuk melandasi penelitian pengembangan. Tahap desain dilakukan dengan merancang materi rencana pembelajaran perangkat pembelajaran dan prototype aplikasi. Tahap pengembangan dilakukan dengan pembuatan produk validasi ahli uji coba kelompok kecil. Tahap implementasi dilakukan melalui uji coba produk pada pengguna atau sasaran produk dalam uji coba besar serta tahap evaluasi yakni dengan melakukan dua bentuk evaluasi terhadap keseluruhan dalam pengembangan produk yakni evaluasi formatif dan sumatif. Adapun dalam pengembangan produk ini telah melewati tiga tahap validasi oleh validator. Validasi materi yakni oleh validator Dr. Deny Yudo Wahyudi S.Pd. M.Hum Validasi bahan ajar berbasis aplikasi oleh validator Wahyu Djoko Sulistyo S.Pd. M.Pd dan guru oleh Eva Arif Kurniandari S.Pd. Subyek uji coba kecil yakni enam peserta didik dari kelas X IPA dan uji coba besar dari tiga puluh peserta didik kelas X IPA. Perolehan hasil validasi oleh ahli materi memperoleh data kuantitatif dengan kevalidan sebesar 98 48% dan mendapatkan saran untuk penataan materi agar lebih memudahkan peserta didik. Selain itu juga diperoleh hasil validasi oleh ahli bahan ajar berbasis aplikasi dengan kevalidan sebesar 91 57% dan memperoleh saran berupa perbaikan background pada penjelasan serta jenis font. Sedangkan hasil perolehan kelayakan guru yakni memperoleh taraf kelayakan sebesar 96% dan mendapatkan saran untuk menambahkan audio pada penjelasan materi dalam bahan ajar. Selanjtunya diperoleh hasil uji coba kecil dengan kelayakan prodduk sebesar 80 62% dan uji coba besar memiliki perolehan sebesar 82 20%. Sehingga dapat disimpulkan berdasarkan hasil-hasil tersebut bahan berbasis aplikasi virtual pada materi strukutur petirtaan Sumberbeji sebagai bangunan suci pengaruh agama Hindu memenuhi kriteria sangat layak dan dapat digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Feb 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/281598

Actions (login required)

View Item View Item