Pengembangan media pembelajaran video berbasis aplikasi tiktok materi pergerakan Nasional untuk siswa kelas XI IIS 2 SMA Negeri 1 Turen / Imelda Indah Kusumastita - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran video berbasis aplikasi tiktok materi pergerakan Nasional untuk siswa kelas XI IIS 2 SMA Negeri 1 Turen / Imelda Indah Kusumastita

Kusumastita, Imelda Indah (2022) Pengembangan media pembelajaran video berbasis aplikasi tiktok materi pergerakan Nasional untuk siswa kelas XI IIS 2 SMA Negeri 1 Turen / Imelda Indah Kusumastita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Media pembelajaran merupakan sarana untuk penyaluran bahan pembelajaran untuk siswa sehingga media pembelajaran memiliki peranan yang sangat penting dalam proses pembelajaran. Masalah proses pembelajaran sejarah yang berlangsung dengan kurang menarik juga terjadi di SMA Negeri 1 Turen. Pada proses pembelajaran belum menggunakan Smartphone. Akan tetapi ketika melakukan observasi lapangan ditemukan siswa yang secara diam-diam menggunakan smartphonenya tidak untuk keperluan belajar tetapi digunakan untuk membuka media sosial mereka di tengah pembelajaran yang sedang berlangsung. Pada kegiatan pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Turen belum terdapat media pembelajaran yang menarik yang dapat menunjang berlangsungnya proses pembelajaran sejarah sehingga materi belum tersampaikan dengan baik terutama pada materi Pergerakan Nasional. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk menghasilkan video pembelajaran berbasis TikTok sebagai media pembelajaran pada materi Pergerakan Nasional untuk siswa kelas XI IIS SMA Negeri 1 Turen. Penelitian serta pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4D. Produk yang telah dikembangkan diuji kevalidannya oleh para ahli. Hasil validasi ahli materi memperoleh presentase 92% dan hasil validasi ahli media memperoleh presentase 97 3%. Setelah tahap validasi oleh para ahli kemudian dilanjutkan ke tahap uji coba lapangan. Uji coba lapangan dilakukan di SMA Negeri 1 Turen tepatnya di kelas XI IIS 2 yang berjumlah 34 siswa. Dari uji coba kelompok besar tersebut diperoleh presentase sebesar 83%. Dari perolehan presentase diatas maka dapat dinyatakan bahwa media pembelajaran video TikTok sejarah sangat valid serta layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran sejarah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Feb 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/281596

Actions (login required)

View Item View Item