Pengaruh model pembelajaran jigsaw terhadap minat belajar sejarah siswa Kelas X SMK Negeri 1 Pogalan Kabupaten Trenggalek tahun ajaran 2021/2022 / Faizal Gustian Widianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran jigsaw terhadap minat belajar sejarah siswa Kelas X SMK Negeri 1 Pogalan Kabupaten Trenggalek tahun ajaran 2021/2022 / Faizal Gustian Widianto

Widianto, Faizal Gustian (2022) Pengaruh model pembelajaran jigsaw terhadap minat belajar sejarah siswa Kelas X SMK Negeri 1 Pogalan Kabupaten Trenggalek tahun ajaran 2021/2022 / Faizal Gustian Widianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran sejarah perlu model pembelajaran yang tepat terutama pembelajaran sejarah di SMK. Model pembelajaran yang tepat akan meningkatkan minat belajar dari siswa. Selain mendeterminasi minat belajar sebuah model pembelajaran hendaknya mengakomodasi siswa SMK untuk mencapai kecakapan hidup minimum dan siap untuk terjun di dunia kerja. Model pembelajaran jigsaw menjadi determinan pada penelitian untuk melihat pengaruh model pembelajaran jigsaw terhadap minat belajar siswa. Selain memungkinkan untuk mempengaruhi minat belajar siswa model ini melatih siswa untuk bekerja secara tim yang mana sesuai dengan tujuan mereka masuk SMK. SMK Negeri 1 Pogalan Kabupaten Trenggalek memiliki tantangan berupa tuntutan untuk mencetak siswa yang siap terjun pada dunia kerja sesuai dengan kurikulum SMK dan mencetak karakter siswa hingga mengakomodasi soft skills maupun hard skills pada lulusannya. Dengan karakteristik siswa SMK yang berbeda dengan siswa SMA pada umumnya. Maka perlu pendekatan khsusus dan perlakuan berbeda pula. Model pembelajaran jigsaw dianggap mampu mengakomodasi tantangan tersebut. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk melihat pengaruh dari model pembelajran jigsaw terhadap minat belajar sejarah siswa kelas X SMK Negeri 1 Pogalan Kabupaten Trenggalek. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model kuantitatif jenis eksperimen dengan tahapan pre test pemberian perlakuan dan post test. Kelas eksperimen dan kelas kontrol ditentukan tidak secara acak. Kelas X OTKP 1 menjadi kelas eksperimen dan kelas X OTKP 2 menjadi kelas kontrol. Hasil penelitian diperoleh dengan uji paired sample t test yang menunjukkan sig. sebesar 0.888 dan uji independent sample t test yang menunjukkan sig. sebesar 0.011. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan menunjukkan tidak adanya pengaruh antara model pembelajaran jigsaw dengan minat belajar siswa dan terdapat perbedaan hasil minat belajar antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Analisis menunjukkan bahwasanya terjadi trend penurunan minat belajar pada kelas eksperimen dan kelas kontrol sendiri. Sehingga hendaknya model pembelajaran yang akan digunakan perlunya menyesuaikan dengan karakteristik setiap KD dan materi yang ada pada silabus mata pelajaran sejarah Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Feb 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/281594

Actions (login required)

View Item View Item