Pengembangan buku saku (busa) tentang Perang Banjar sebagai bahan ajar sejarah Indonesia untuk peserta didik Kelas XI di MAN 2 Hulu Sungai Utara - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku saku (busa) tentang Perang Banjar sebagai bahan ajar sejarah Indonesia untuk peserta didik Kelas XI di MAN 2 Hulu Sungai Utara

Anam, Akhmad Khairul (2022) Pengembangan buku saku (busa) tentang Perang Banjar sebagai bahan ajar sejarah Indonesia untuk peserta didik Kelas XI di MAN 2 Hulu Sungai Utara. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kualitas pembelajaran ditentukan oleh sarana dan prasarana yang mendukung. Perencanaan dan pelaksanaan disesuaikan analisis kebutuhan peserta didik. Berdasarkan wawancara dan observasi di MAN 2 Sungai Hulu Utara ditemukan kebutuah peserta didik dalam menunjang sumber pembelajaran sejarah. Fasilitas berupa buku sekolah dan bahan ajar untuk menunjang pembelajaran sejarah masih kurang. Ditambah distribusi fasilitas belajar di ruang kelas yang kurang seperti penyediaan LCD dan proyektor. Hal ini menyebabkan minat belajar kurang dan eksplorasi terhadap materi sejarah kurang optimal. Permasalahan umum terkait sumber koleksi buku sejarah menjadi acuan dan analisis kebutuhan siswa dalam pembelajaran sejarah. Koleksi bacaan yang dimuat dalam bahan ajar memiliki peranan penting dalam menunjang pembelajaran sejarah. Inovasi dan kreasi berdasarkan analisis kebutuhan peserta didik dapat dikembangkan bahan ajar berupa Buku Saku (BUSA) dengan materi sejarah lokal Kalimantan Selatan yang difokuskan pada materi Perang Banjar. Pemilihan materi Perang Banjar didasarkan atas kurangnya pemahaman peserta didik tentang materi tersebut dan koleksi buku yang kurang lengkap Tujuanipenelitian danipengembangan iniiadalah untuk menghasilkanibahan ajar berupaiBukuiSaku (BUSA) yang valid efisien dan layak untuk pembelajaran di MAN 2 Sungai Hulu Utara. Kelayakan efisiensi dan kevalidan dalam bahan ajar ini lalu diuji melaluiiproses validasi olehipara ahli materi daniahli bahan ajariserta uji cobaipada kelompokikecil dan kelompok besar. Metode penelitianidan pengembanganiini mengacu padaimetode yang dikembangkan oleh Sugiyono (2015) yang terdiri dari 10 langkahipenelitian yang terdiriidari (1) AnalisisiPotensi daniMasalah (2) PengumpulaniData (3) Desain Produk (4) Validasiidan DesainiProduk (5) RevisiiDesain (6) Uji CobaiProduk (7) RevisiiProduk 1 (8) UjiiCoba Pemakaian (9) RevisiiProduk II (10) ProduksiiSkala Kecil. Berdasarkan analisis data dapatidisimpulkan bahwaibahan ajar BukuiSaku (BUSA) yangidikembangkan sangativalid dan efektifidigunakan. Hal ini dapat dijabarkaniberdasarkan analisisimateri dari validasiiahli materi ahliibahan ajar dan uji cobaipelaksanaan penelitian. Validasi materi dibuktikan dengan hasil akhir yaitu 94% yang didapatkan dan 84% pada hasil validasi bahan ajar. Padaiuji cobaiproduk kelompokikecil yangidilakukan oleh siswa mendapatkan skorisebesar 75% dan uji coba produk kelompok besar mendapatkan perolehan sebesar 91%. Kedua hasil uji coba tersebut menunjukkan bahwa bahan ajar pembelajaran masuk dalam kategori sangat efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jan 2022 04:29
Last Modified: 15 Aug 2023 08:46
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/281590

Actions (login required)

View Item View Item