Pengembangan media pembelajaran mobile learning berbasis aplikasi android menggunakan appypie pada mata pelajaran marketing di SMKN 6 Jember / Fauzan Lubada

Lubada, Fauzan (2019) Pengembangan media pembelajaran mobile learning berbasis aplikasi android menggunakan appypie pada mata pelajaran marketing di SMKN 6 Jember / Fauzan Lubada. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Lubada, F. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Aplikasi Android Menggunakan Appypie pada Mata Pelajaran Marketing di SMKN 6 Jember. Skripsi, Program Studi Pendidikan Tata Niaga, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. H. Agung Winarno, M.M. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Mobile Learning, Aplikasi Android, Appypie. Dalam era digital ini berbagai perkembangan teknologi telah mewujudkan perubahan dalam berbagai bidang dan telah membawa banyak kemudahan termasuk di bidang pendidikan. Adanya perkembangan teknologi telah memberi kesempatan kepada bidang kependidikan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis elektronik yang cukup beragam dan efektif untuk digunakan, Salah satunya adalah pengembangan media mobile learning ini. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan menguji kelayakan media pembelajaran mobile learning yang menggunakan appypie. Tipe penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang menggunakan prosedur dari Borg & Gall (1983) yang telah dimodifikasi peneliti. Peneliti memodifikasi prosedur penelitian tersebut dengan maksud untuk menyesuaikan dengan kebutuhan yang ada di lapangan, sehingga memiliki prosedur sebagai berikut: (1) Penelitian dan Pengumpulan Informasi; (2) Perencanaan; (3) Pengembangan Produk; (4) Validasi Produk; (5) Revisi Produk 1; (6) Uji Coba Lapangan; (7) Revisi Produk 2; (8) Hasil Produk Akhir. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah Data Kuantitatif berupa hasil skor dari validator ahli dan hasil respon pengguna, dan Data Kualitatif berupa kritik dan saran validator ahli dan pengguna. Berdasarkah hasil validasi ahli media yakni memperoleh skor sebesar 97,5%, dan skor yang diperoleh dari hasil validasi ahli materi yakni mendapat skor sebesar 87%, sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran mendapat kategori sangat layak untuk diujicobakan di lapangan. Sementara itu hasil respon uji coba lapangan yang melibatkan seluruh siswa kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran 1 di SMK Negeri 6 Jember yakni memperoleh skor sebesar 89,7% sehingga media pembelajaran dapat dikatakan sangat baik untuk digunakan. Saran bagi peneliti selanjutnya yakni (1) Peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan materi yang tidak hanya berisikan dua kompetensi dasar; (2) Media pembelajaran yang dikembangkan dapat digunakan secara offline; (3) Peneliti diharapkan dapat memaksimalkan fitur yang terdapat pada appypie apabila terdapat pembaharuan fitur baru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28159

Actions (login required)

View Item View Item