Pengembangan bahan ajar History Learning e-Modul (hilal) berbasis flipbook dalam materi Pemberontakan Peta di Blitar tahun 1945 untuk siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Kota Blitar / M. Izam Masroir - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar History Learning e-Modul (hilal) berbasis flipbook dalam materi Pemberontakan Peta di Blitar tahun 1945 untuk siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Kota Blitar / M. Izam Masroir

Masroir, M. Izam (2022) Pengembangan bahan ajar History Learning e-Modul (hilal) berbasis flipbook dalam materi Pemberontakan Peta di Blitar tahun 1945 untuk siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Kota Blitar / M. Izam Masroir. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran sejarah merupakan pelajaran yang membutuhkan bahan ajar pembelajaran yang menarik. Pembelajaran sejarah juga seringkali mengalami kesulitan dalam mencapai indikator tujuan serta kompetensi. Berdasarkan hasil observasi di SMAN 1 Kota Blitar diketahui bahwa selama pembelajaran sejarah dimulai peserta didik hanya disajikan buku teks pegangan peserta didik. Selain itu pengetahuan dan literatur terkait dengan Pemberontakan PETA di Blitar Tahun 1945 masih perlu ditingkatkan. Berdasarkan permasalahan tersebut maka peneliti mengembangkan sebuah terobosan baru yaitu e-modul berbasis flipbook tentang Pemberontakan PETA di Blitar Tahun 1945. Peneliti ini menggunakan metode Research dan Development (R amp D) dari Sugiyono (2015). Prosedur penelitian dan pengembangan ini terdiri dari tahapan pertama potensi dan masalah kedua pengumpulan data ketiga desain produk keempat validasi desain kelima revisi desain keenam uji coba produk ketujuh revisi produk kedelapan uji coba pemakaian kesembilan revisi produk dan terakhir produksi massal. Hasil analisis data dari uji coba kelompok kecil menghasilkan skor nilai persentase 80 33% dengan kategori valid dan untuk uji coba kelompok besar memperoleh skor nilai persentase 81 84% dengan kategori sangat valid. Dengan demikian e-modul yang dikembangkan peneliti ini telah dinyatakan layak dan dapat digunakan dalam pembelajaran sejarah. Produk e-modul berbasis flipbook ini memiliki keunggulan yaitu e-modul ini dapat memudahkan peserta didik untuk belajar secara mandiri karena berisi materi gambar lembar penilaian peserta didik (LKPD) dan virtual reality (VR) dengan berbantuan Google Maps View.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/281588

Actions (login required)

View Item View Item