Pengembangan media pembelajaran replika artefak berbahan makanan pada materi Prasejarah di Indonesia untuk siswa Kelas X Tata Boga SMK Muhammadiyah 3 Singosari / Fahmi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran replika artefak berbahan makanan pada materi Prasejarah di Indonesia untuk siswa Kelas X Tata Boga SMK Muhammadiyah 3 Singosari / Fahmi

Fahmi (2022) Pengembangan media pembelajaran replika artefak berbahan makanan pada materi Prasejarah di Indonesia untuk siswa Kelas X Tata Boga SMK Muhammadiyah 3 Singosari / Fahmi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Permasalahan-permasalahan yang dialami oleh siswa SMK Jurusan Tata Boga di SMK Muhammadiyah 3 Singosari antara lain siswa merasa bosan dan mengantuk pada saat matapelajaran berlangsung. Selain itu perhatian terhadap guru minim sehingga mengakibatkan siswa memiliki aktivitas sendiri seperti bermain handphone saat kegiatan pembelajaran berlangsung. Demi mengatasi permasalahan-permasalahan di atas peneliti kemudian membuat Pengembangan Media Pembelajaran Replika Artefak Berbahan Makanan pada Materi Prasejarah di Indonesia untuk Siswa Kelas X Jurusan Tata Boga SMK Muhammdiyah 3 Singosari. Pada penelitian dan pengembangan ini peneliti memakai model dari Sugiyono dengan 10 langkah-langkahnya. Media pembelajaran replika artefak berbahan makanan materi prasejarah di Indonesia ini berbentuk tiga dimensi. Materi media pembelajaran tersebut dikemas ke dalam bentuk materi digital online yang dapat diakses siswa melalui link yang tertera pada bio instagram pribadi peneliti. Replika artefak berbahan makanan ini akan diuji validitas dan keefektifannya untuk digunakan dalam matapelajaran sejarah di sekolah. Media ini memperoleh persentase validitas materi sebesar 98% dan validitas media sebesar 100%. Keefektifan media pada uji kelompok kecil sebesar 91% dan pada kelompok besar 91%. Dengan demikian media pembelajaran replika artefak berbahan makanan dapat digolongkan sebagai media pembelajaran yang sangat valid dan sangat efektif sehingga sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran sejarah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/281587

Actions (login required)

View Item View Item