Pengembangan media pembelajaran animasi dan kuis sejarah (akira) dengan materi kedatangan Bangsa-Bangsa Eropa ke Indonesia di Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Lawang / Nuzulul Hidayati Marsudi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran animasi dan kuis sejarah (akira) dengan materi kedatangan Bangsa-Bangsa Eropa ke Indonesia di Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Lawang / Nuzulul Hidayati Marsudi

Marsudi, Nuzulul Hidayati (2022) Pengembangan media pembelajaran animasi dan kuis sejarah (akira) dengan materi kedatangan Bangsa-Bangsa Eropa ke Indonesia di Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Lawang / Nuzulul Hidayati Marsudi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pada pembelajaran pasca pandemi COVID-19 SMAN 1 Lawang memanfaatkan fasilitas teknologi yang ada dengan menyediakan fasilitas yang menunjang seperti Wifi dan LCD Projector pada tiap kelas dan juga kemampuan siswa dan guru yang sudah sangat mampu mengakses teknologi dibuktikan dengan berjalannya pembelajaran daring selama pandemi COVID-19. Permasalahan muncul ketika pembelajaran pasca pandemi COVID-19 dimana guru merasa media yang telah digunakan tidak bisa menyampaikan materi secara menyeluruh pada waktu yang singkat. Hal ini membuat tidak tercapainya tujuan pembelajaran yang telah dirancang pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Oleh karenanya pada penelitian ini akan mengembangkan media yaitu media animasi dan kuis sejarah (AKIRA). Dalam penulisan penelitian ini peneliti mengikuti prosedur penelitian milik Sugiyono yang memiliki 10 tahapan. tahapan itu meliputi (1) Potensi serta permasalahan (2) Mengumpulkan data (3) Mendesain produk (4) Memvalidasi desain (5) Merevisi desain (6) Mengujicoba produk kelompok kecil (7) Merevisi produk (8) Mengujicoba produk kelompok besar (9) Merevisi produk dan (10) Produksi massal. Berdasarkan hasil pengujian media AKIRA pada peserta didik kelas XI IPS 2 SMAN 1 Lawang terdapat ujicoba kelompok besar dan ujicoba kelompok kecil. Berdasarkan respon angket peserta didik dalam ujicoba kelompok kecil yang dilaksanakan kepada 6 peserta didik diperoleh hasil sebesar 90 6% yang menunjukkan hasil ujicoba kelompok kecil mendapat respon yang baik. Sedangkan pada ujicoba kelompok besar yang terdiri dari 30 peserta didik diperoleh persentase sebesar 88 2% yang menunjukkan bahwa media AKIRA dapat digunakan di dalam kelas dengan baik. Jika dikaji menurut kriteria keefektifitasan media pembelajaran milik Akbar Media AKIRA masuk dalam kategori sangat efektif dan dapat digunakan di kelas. Pada praktiknya minat peserta didik dalam memahami materi mengalami kenaikan. Kenaikan ini disebabkan karena dalam media AKIRA terdapat bentuk sajian animasi yang memiliki daya tarik bagi siswa sehingga minat mereka terhadap materi mengalami peningkatan dibandingkan penyajian materi dalam bentuk buku teks. Atas beberapa fakta tersebut dapat dinyatakan bahwa media AKIRA yang dihasilkan dapat digunakan dalam pembelajaran sejarah di kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/281586

Actions (login required)

View Item View Item