Pengembangan media KISERA (Komik Sejarah Perjuangan) berbasis android materi peran Bung Tomo dalam pertempuran Surabaya pada tahun 1945 untuk kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 4 Blitar / Hilmi Novan Eldyansyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media KISERA (Komik Sejarah Perjuangan) berbasis android materi peran Bung Tomo dalam pertempuran Surabaya pada tahun 1945 untuk kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 4 Blitar / Hilmi Novan Eldyansyah

Eldyansyah, Hilmi Novan (2022) Pengembangan media KISERA (Komik Sejarah Perjuangan) berbasis android materi peran Bung Tomo dalam pertempuran Surabaya pada tahun 1945 untuk kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 4 Blitar / Hilmi Novan Eldyansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Inovasi dan kreasi pembelajaran di bidang pendidikan seperti media pembelajaran memiliki peranan penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Solusi untuk membuat siswa lebih aktif dalam proses belajar salah satunya adalah penggunaan smartphone sebagai media pembelajaran. Media pembelajaran dapat digunakan untuk mendorong siswa di SMA Negeri 4 Blitar untuk mencapai tujuan belajar dengan cara efektif. Sajian materi dalam bentuk media pembelajaran yang baru guna untuk menarik perhatian siswa dalam proses belajar. Media pembelajaran yang sudah disesuaikan dengan perkembangan teknologi juga bisa membuat waktu belajar siswa lebih efisien serta dapat digunakan secara mandiri saat di sekolah ataupun di lingkungan luar. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan media pembelajaran berupa Media KISERA (Komik Sejarah Perjuangan) serta menguji kelayakan media pembelajaran KISERA (Komik Sejarah Perjuangan) pada materi peran Bung Tomo dalam Pertempuran Surabaya pada tahun 1945 di SMA Negeri 4 Blitar dilihat dari aspek Materi dan Media. Pengembangan media pembelajaran ini menggunakan metode Sugiyono dengan langkah-langkah sebagai berikut (1) Potensi dan Masalah (2) Mengumpulkan Informasi (3) Desain Produk (4) Validasi Desain (5) Perbaikan Desain (6) Uji Coba Produk (7) Revisi Produk (8) Uji Coba Pemakaian (9) Revisi Produk (10) Produk Akhir. Data yang diperoleh merupakan data kuantitatif dengan menggunakan persentase dan data kualitatif yang merupakan komentar saran dan masukan pada saat proses validasi. Berdasarkan hasil analisis data validasi yang diperoleh melalui ahli media dan ahli materi serta uji coba yang menghasilkan rata-rata persentase sebesar 87 5% untuk penilaian ahli materi persentase sebesar 95 1% untuk penilaian ahli media serta persentase sebesar 93 5% pada uji coba kelayakan media KISERA (Komik Sejarah Perjuangan). Media pembelajaran dikatakan layak dan valid apabila memenuhi persentase 85 01% hingga 100%. Maka dapat disimpulkan bahwa Media KISERA (Komik Sejarah Perjuangan) layak dan valid untuk digunakan sebagai media pembelajaran siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 4 Blitar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Dec 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/281584

Actions (login required)

View Item View Item