Pengembangan media pembelajaran Video Animasi Stop Motion (VISMO) materi proklamasi kemerdekaan bagi siswa kelas XI IPS SMAN 1 Probolinggo / Umi Hani Novianti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran Video Animasi Stop Motion (VISMO) materi proklamasi kemerdekaan bagi siswa kelas XI IPS SMAN 1 Probolinggo / Umi Hani Novianti

Novianti, Umi Hani (2022) Pengembangan media pembelajaran Video Animasi Stop Motion (VISMO) materi proklamasi kemerdekaan bagi siswa kelas XI IPS SMAN 1 Probolinggo / Umi Hani Novianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Proses pembelajaran sejarah dianggap kurang menarik oleh siswa. Hal ini terjadi karena pembelajaran sejarah memuat materi yang padat dan sangat banyak namun dikemas dengan cara konvensional. Maka dari itu siswa menganggap pembelajaran sejarah membosankan. Berdasarkan hasil observasi dapat diketahui potensi yang dimiliki sekolah antara lain tersedianya jaringan wifi layar proyektor pada masing-masing kelas laboratorium komputer hingga siswa diperbolehkan membawa gadget/hp ke sekolah. Berdasarkan hasil analisis angket kebutuhan dapat diketahui bahwa penggunaan media dalam pembelajaran sejarah hanya terbatas pada media PowerPoint flipbook dan rangkuman dari Microsoft Word selebihnya guru menggunakan metode ceramah saat menyampaikan materi di kelas. Akibatnya siswa merasa jenuh dan bosan sehingga tidak bergairah saat pembelajaran sejarah. Di sisi lain potensi yang dimiliki sekolah seharusnya dapat dimanfaatkan dengan baik untuk membuat media pembelajaran yang inovatif sehingga dapat menstimulus gairah belajar siswa. Materi proklamasi kemerdekaan merupakan materi yang tidak sulit dipelajari namun siswa tidak bergairah mempelajarinya karena minimnya penggunaan media. Maka dari itu materi ini menarik untuk dibahas dalam media pembelajaran Tujuan dari pengembangan produk ini yaitu menghasilkan produk media pembelajaran sejarah berbentuk Video Animasi Stop Motion (VISMO) materi proklamasi kemerdekaan bagi siswa kelas XI IPS SMAN 1 Probolinggo dan mengukur tingkat kelayakan media VISMO materi proklamasi kemerdekaan sebagai media pembelajaran dengan melalui proses validasi materi validasi media serta uji coba produk pada siswa kelas XI IPS SMAN 1 Probolinggo. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan metode Research and Development (R amp D). Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan oleh Sugiyono yaitu melalui 10 tahapan (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi produk (5) revisi desain (6) uji coba produk (7) revisi produk (8) uji pemakaian (9) revisi produk (10) produk akhir. Hasil penelitian dan pengembangan ini berupa media pembelajaran sejarah berbentuk Video Animasi Stop Motion (VISMO) yang memuat materi proklamasi kemerdekaan bagi siswa kelas XI IPS SMAN 1 Probolinggo. Media pembelajaran ini termasuk dalam kategori sangat valid dan layak digunakan. Hal ini dibuktikan dengan hasil persentase ahli materi sebesar 90% dan hasil persentase dari ahli media yaitu sebesar 86%. Berdasarkan hasil validasi ahli materi dan media dapat disimpulkan bahwa produk VISMO ini sangat valid untuk diuji coba di sekolah. Persentase skor dari hasil uji coba kelompok kecil dengan melibatkan 10 siswa kelas XI IPS B yaitu sebesar 89% dan hasil uji coba kelompok besar yang melibatkan 80 siswa kelas XI IPS SMAN 1 Probolinggo sebesar 84%. Hasil uji coba tersebut menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran VISMO berdasarkan analisis kebutuhan yang telah diuraikan sebelumnya layak digunakan sebagai media pembelajaran sejarah di SMAN 1 Probolinggo. Pengembangan selanjutnya dapat mengembangkan media VISMO dengan menambah objek-objek gambar ilustrasi secara detail pada setiap penjelasan materi dan proses editing yang lebih ahli.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Nov 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/281583

Actions (login required)

View Item View Item