Pengembangan media pembelajaran interaktif hobbline materi kehidupan dan kebudayaan zaman prasejarah indonesia untuk siswa kelas X MA Al Khidmah Ngronggot Kabupaten Nganjuk /M. Syarifuddin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran interaktif hobbline materi kehidupan dan kebudayaan zaman prasejarah indonesia untuk siswa kelas X MA Al Khidmah Ngronggot Kabupaten Nganjuk /M. Syarifuddin

Syarifuddin, M. (2022) Pengembangan media pembelajaran interaktif hobbline materi kehidupan dan kebudayaan zaman prasejarah indonesia untuk siswa kelas X MA Al Khidmah Ngronggot Kabupaten Nganjuk /M. Syarifuddin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Media pembelajaran merupakan salah satu komponen terpenting untuk menunjang belajar siswa. Observasi dan wawancara yang peneliti lakukan di MA Al Khidmah Ngronggot Kabupaten Nganjuk menunjukkan adanya kendala dalam proses belajar sejarah di dalam kelas. Guru hanya menggunakan media pembelajaran berupa powerpoint dan video. Penggunaan posel belum dilakukan secara maksimal untuk menunjang pembelajaran. Padahal sekolahan tersebut memperbolehkan peserta didik membawa smarphone dan sudah memberikan fasilitas wifi untuk peserta didik. Berdasarkan kondisi hasil observasi tersebut maka peneliti berusaha menghasilkan inovasi untuk mengatasi permasalahan yang ada di MA Al Khidmah Ngronggot Kabupaten Nganjuk dalam hal menyampaikan materi sejarah terkhusus materi Kehidupan dan Kebudayaan Zaman Prasejarah Indonesia. Peneliti menggunakan media pembelajaran sejarah berupa blog berbasis online media tersebut bernama Hobbline (History Blog Based Online). Penelitian ini juga bertujuan untuk menguji tingkat kelayakan produk terhadap peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R amp D) dengan model penelitian Sugiyono. Model penelitian Sugiyono terdiri dari 10 tahapan dan peneliti hanya menggunakan 9 tahap penelitian yaitu meliputi 1) potensi dan masalah 2) pengumpulan data 3) desain produk 4) validasi desain 5) revisi desain 6) uji coba produk 7) revisi produk 8) uji coba pemakaian yaitu tahap pemakaian produk 9) revisi produk. Pada tahap potensi masalah peneliti menganalisis potensi dan masalah yang ada di MA Al Khidmah Ngronggot Kabupaten Nganjuk berupa menganalisis kebutuhan yang meliputi kompetensi materi dan peserta didik. Pada tahap pengumpulan data peneliti mengumpulkan data yang dibutuhkan berupa angket dan wawancara. Pada tahap desain produk peneliti mengembangkan tampilan media Hobbline. Pada tahap validasi desain peneliti menggunakan angket dan menguji validasi ke validator ahli media dan materi. Pada tahap revisi desain peneliti memperbaiki produk atas saran validator ahli media dan materi. Pada tahap uji coba produk peneliti melakukan uji coba ke peserta didik dengan kategori kelompok kecil. Pada tahap revisi produk peneliti memperbaiki produk media atas saran dan kritik dari uji coba kelompok kecil. Pada tahap uji coba pemakaian peneliti menggunakan uji coba kelompok besar. Pada tahap revisi produk peneliti memperbaiki produk atas saran dan kritik dari uji coba kelompok besar. Berdasarkan hasil validasi materi media pembelajaran interaktif Hobbline tentang Kehidupan dan Kebudayaan Zaman Prasejarah Indonesia mendapat skor 87 5%. dan validasi media 83%. Hasil Uji kelayakan dari kelompok kecil sebesar 88 75% dan kelompok besar sebesar 94 75% berada dalam kategori sangat layak. Media pembelajaran interaktif Hobbline tentang Kehidupan dan Kebudayaan Zaman Prasejarah Indonesia layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Nov 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/281582

Actions (login required)

View Item View Item