Pengembangan media pembelajaran VIKOSRAH (Video Konsep Sinematik Sejarah) materi Sejarah Stasiun Ngimbang Kabupaten Lamongan bagi siswa XI IPS 3 SMAN 1 Mantup Lamongan / Mei Gita Wahyu Maharani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran VIKOSRAH (Video Konsep Sinematik Sejarah) materi Sejarah Stasiun Ngimbang Kabupaten Lamongan bagi siswa XI IPS 3 SMAN 1 Mantup Lamongan / Mei Gita Wahyu Maharani

Maharani, Mei Gita Wahyu (2022) Pengembangan media pembelajaran VIKOSRAH (Video Konsep Sinematik Sejarah) materi Sejarah Stasiun Ngimbang Kabupaten Lamongan bagi siswa XI IPS 3 SMAN 1 Mantup Lamongan / Mei Gita Wahyu Maharani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keberadaan media dibutuhkan dalam dunia pendidikan sebagai alat daya tarik siswa terhadap pembelajaran. Media sangat dibutuhkan pada pembelajaran mata pelajaran yang ada dalam kurikulum khususnya mata pelajaran sejarah di kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Mantup Lamongan. Meskipun didukung oleh fasilitas yang memadai proses pembelajaran sejarah tetap menemui masalah dengan media pembelajaran khususnya kurangnya keragaman media. Selain itu siswa kesulitan memahami informasi tentang kolonialisme dan imperialisme di Indonesia. Penelitian yang dilakukan penulis bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran VIKOSRAH (Video Konsep Sinematik Sejarah) yang dimaksudkan agar hal ini akan membantu siswa dalam memahami konten yang dibahas dalam kelas sejarah seperti kolonialisme dan imperialisme di Indonesia. Model pengembangan Sugiyono (2019) yang meliputi langkah ndash langkah 1) potensi dan masalah 2) pengumpulan informasi atau data 3) desain produk 4) validasi desain 5) revisi desain 6) uji coba produk 7) revisi produk uji coba 8) uji coba pemakaian 9) revisi produk 10) produksi massal. Model pengembangan tersebut digunakan dalam penelitian ini dengan prosedur yang sistematis diharapkan mendapatkan akhir sesuai dengan tujuan penelitian. Penelitian ini memanfaatkan data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif terdiri dari kritik saran dan komentar validasi ahli sedangkan data kuantitatif terdiri dari nilai numerik balasan siswa dan komentar validasi ahli. Hasil yang didapatkan berdasarkan validasi ahli dan respon siswa ditemukan hasil yang dirangkum sebagai berikut 1) validasi materi diperoleh rata-rata persentase sebesar 93% 2) validasi media rata-rata persentase sebesar 91% 3) uji coba kelompok kecil mendapatkan rata-rata persentase sebesar 85% dengan menyebarkan angket kepada 9 siswa 4) uji coba kelompok besar mendapatkan 86% dengan menyebarkan angket kepada 33 siswa. Dengan demikian dapat diketahui bahwasannya analisis data dari media pembelajaran VIKOSRAH diperoleh kriteria sangat valid (validasi serta uji coba kelompok besar) dan valid (uji coba kelompok kecil) untuk diterapkan dalam proses pembelajaran sejarah. Hal tersebut terjadi karena VIKOSRAH dapat memvisualisasikan dari yang abstrak kearah konkret.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Dec 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/281579

Actions (login required)

View Item View Item