Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah E-Leaftory P360 materi Agresi Militer 1 Belanda di Banyuwangi untuk siswa kelas xi IPS SMA Negeri 1 Gambiran / Krisna Adi Wijaya - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah E-Leaftory P360 materi Agresi Militer 1 Belanda di Banyuwangi untuk siswa kelas xi IPS SMA Negeri 1 Gambiran / Krisna Adi Wijaya

Aldi Wijaya, Krisna (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah E-Leaftory P360 materi Agresi Militer 1 Belanda di Banyuwangi untuk siswa kelas xi IPS SMA Negeri 1 Gambiran / Krisna Adi Wijaya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Media pembelajaran sejarah idealnya harus bervariasi dan memanfaatkan perkembangan teknologi terkini. Media pembelajaran ini sangat penting dalam menyampaikan pesan atau informasi kesejarahan kepada siswa. Terlebih sejarah merupakan mata pelajaran yang mengkaji masa lalu sehingga harus dapat dikaitkan dengan masa kini. Hanya saja tidak mudah untuk mengkaitkan peristiwa di masa lalu dengan kondisi saat ini terutama bila dikaitkan dengan aspek spasial atau lokasi terjadinya suatu peristiwa. Salah satu materi yang belum dipahami dengan baik oleh siswa di SMAN 1 Gambiran adalah terkait peristiwa Agresi Milier I Belanda di Banyuwangi. Padahal situs peristiwa ini dahulu terjadi di lokasi-lokasi yang dekat dengan tempat tinggal siswa saat ini. Untuk itu perlu dikembangkan media pembelajaran yang memudahkan siswa memahami konten materi peristiwa tersebut secara ringkas dalam bentuk leaflet sekaligus lokasi terjadinya peristiwa melalui media P360 sehingga siswa dapat mempelajari situs-situs tersebut melalui kunjungan secara virtual. Tujuan penelitian dan pengembangan ini yaitu menghasilkan media pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan zaman dan dapat digunakan oleh siswa untuk mengeksplorasi situs Agresi Militer 1 Belanda di Banyuwangi. Media pembelajaran ini diberi nama Electronic Leaflet Tour History Panorama 360 (E-LEAFTORY P360). Media pembelajaran E-LEAFTORY P360 telah disesuaikan dengan KD 3.10 untuk siswa kelas XI SMA yakni terkait strategi dan bentuk perjuangan bangsa Indonesia dalam upaya mempertahankan kemerdekaan dari ancaman Sekutu dan Belanda. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan Sugiyono (2019) dengan mengikuti sepuluh langkah prosedural yang terdiri atas tahap potensi dan masalah mengumpulkan informasi desain produk validasi desain perbaikan desain uji coba produk revisi produk uji coba pemakaian revisi produk pembuatan produk masal. Pada penelitian ini berdasarkan hasil validasi ahli materi diperoleh skor kelayakan sebesar 97% sedangkan validasi ahli media memberi skor 87%. Hasil uji coba kelompok kecil memperoleh skor sebesar 64% sementara hasil uji coba kelompok besar mendapat skor 78%. Berdasarkan nilai yang didapat dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran E-LEAFTORY P360 valid dan layak jika digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Dec 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/281576

Actions (login required)

View Item View Item