Pengembangan media pembelajaran G-KES (Gambar Keterangan Elektronik Sejarah) berbasis android studio sejarah transportasi trem di Kota Pasuruan akhir abad 19-awal abad 20 untuk pembelajaran sejarah kelas XI IIS (Ilmu-Ilmu sosial) MAN Kota Pasuruan / Achmad Choirudin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran G-KES (Gambar Keterangan Elektronik Sejarah) berbasis android studio sejarah transportasi trem di Kota Pasuruan akhir abad 19-awal abad 20 untuk pembelajaran sejarah kelas XI IIS (Ilmu-Ilmu sosial) MAN Kota Pasuruan / Achmad Choirudin

Choirudin, Achmad (2022) Pengembangan media pembelajaran G-KES (Gambar Keterangan Elektronik Sejarah) berbasis android studio sejarah transportasi trem di Kota Pasuruan akhir abad 19-awal abad 20 untuk pembelajaran sejarah kelas XI IIS (Ilmu-Ilmu sosial) MAN Kota Pasuruan / Achmad Choirudin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam era digital abad 21 perkembangan media sangatlah masif keberadaannya. Media pembelajaran diperlukan untuk menyampaikan materi pembelajaran terhadap peserta didik terlebih pada mata pelajaran sejarah. Berdasarkan observasi di MAN Kota Pasuruan diketahui pembelajaran sejarah pada kurikulum 2013 revisi masih belum tersampaiakan secara maksimal. Hal tersebut dikarenakan minimnya materi tentang sejarah lokal khususnya tentang sejarah trem di Pasuruan untuk disampaikan terhadap peserta didik. Tujuan penelitian ini menghasilkan aplikasi media pembelajaran sejarah yang mampu meningkatkan pengetahuan dan membangkitkan peserta didik tentang sejarah lokal di Kota Pasuruan khususnya transportasi trem. Media pembelajaran berupa aplikasi G-KES (Gambar Keterangan Elektonik Sejarah) berbasis android untuk membantu peserta didik mengetahui sejarah lokal khususnya transportasi trem di Kota Pasuruan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R amp D) dengan model penelitian ADDIE (Analyze Design Development Implementation Evaluation). Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan sistem daring. Hal ini dikarenakan keterbatasan yang dialamai peneliti akibat wabah covid-19 yang melanda Indonesia khususnya di Pasuruan dan secara umum seluruh dunia. Berdasarkan hasil validasi materi maupun media produk yang dikembangkan memperoleh hasil 93% untuk materi dan 96% untuk media dimana keduanya merupakan kategori sangat valid. Hasil uji coba kelompok kecil memperoleh hasil sebesar 84% sedangkan pada kelompok besar memperoleh hasil sebesar 91% hal tersebut termasuk dalam kategori tinggi. Hal tersebut menunjukkan minatnya peserta didik untuk mempelajari media pembelajaran G-KES berbasis android materi transportasi trem di Kota Pasuruan sebagai materi sejarah lokal pada peserta didik kelas XI IIS MAN Kota Pasuruan dengan kenaikan sebanyak 7%. Melalui kedekatan emosional dengan kehidupan mereka sehari-hari materi sejarah lokal memberikan pandangan baru bagi peserta didik dalam pembelajaran sejarah yang selama ini didominasi oleh materi sejarah nasional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Dec 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/281574

Actions (login required)

View Item View Item