Ningsih, Triwulan Octaria (2019) Penerapan kolaborasi model pembelajaran inside-outside circle dan quiz-quiz trade untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran komunikasi bisnis (studi pada siswa kelas X BP 4 Jurusan Pemasaran SMKN 1 Boyolangu Tulungagung) / Triwulan Octaria Ningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i ABSTRAK Ningsih TriWulan Octaria. 2019. Penerapan Kolaborasi Model Pembelajaran Inside-Outside Circle dan Quiz-Quiz Trade Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Komunikasi Bisnis (Studi Pada Siswa Kelas X BP 4 Jurusan Pemasaran SMKN 1 Boyolangu Tulungagung). Skripsi Jurusan Manajemen Program Studi Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Ludi Wishnu Wardana S.T. S.E. S.Pd. M.M. Kata Kunci Kolaborasi Model Pembelajaran Inside-Outside Circle dan Quiz-Quiz Trade Aktivitas Belajar Mata Pelajaran Komunikasi Bisnis. Salah satu permasalahan yang terdapat pada saat proses pembelajaran yaitu aktivitas belajar siswa. Jika aktivitas belajar siswa kurang mendukung saat proses pembelajaran berlangsung maka akan mengganggu proses pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran yang diharapkan masih belum bisa tercapai dengan maksimal. Oleh karena itu dibutuhkannya model pembelajaran yang tepat dan menarik agar siswa dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran komunikasi bisnis dengan menggunakan kolaborasi model pembelajaran Inside-Outside Circle dan Quiz-Quiz Trade. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X BP 4 Jurusan Pemasaran di SMKN 1 Boyolangu Tulungagung yang berjumlah 32 siswa terdiri dari 4 siswa laki-laki dan 28 siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan 2 siklus yang mana setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi wawancara catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan melalui tiga tahap yaitu reduksi data penyajian data dan penyimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kolaborasi model pembelajaran Inside-Outside Circle dan Quiz-Quiz Trade dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Hal ini berdasarkan siklus I pertemuan pertama mencapai 71 85% dan pada pertemuan kedua mencapai 82 86%. Pada siklus II pertemuan ketiga mencapai 90 55% dan pada pertemuan keempat mencapai 92 97%. Maka dapat dilihat terjadi kenaikan presentase aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang bisa diberikan adalah kolaborasi model pembelajaran Inside-Outside Circle dan Quiz-Quiz Trade dapat dipertimbangkan untuk diterapkan dalam mata pelajaran komunikasi bisnis untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa. Tetapi tidak hanya diterapkam pada mata pelajaran komunikasi bisnis saja kolaborasi model pembelajaran Inside-Outside Circle dan Quiz-Quiz Trade juga dapat diterapkan pada mata pelajaran lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 May 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/28156 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |