Analisis sistem full day school pada aspek kegiatan pembelajaran (studi pada siswa Program Keahlian Pemasaran SMK Islam Batu) / Reny Hariyati - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis sistem full day school pada aspek kegiatan pembelajaran (studi pada siswa Program Keahlian Pemasaran SMK Islam Batu) / Reny Hariyati

Hariyati, Reny (2019) Analisis sistem full day school pada aspek kegiatan pembelajaran (studi pada siswa Program Keahlian Pemasaran SMK Islam Batu) / Reny Hariyati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Hariyati R. 2019. Analisis Sistem Full Day School Pada Aspek Kegiatan Pembelajaran (Studi Pada Siswa Program Keahlian Pemasaran SMK Islam Batu). Skripsi. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Hj. Suwarni M.Si. Kata Kunci full day school kegiatan pembelajaran Dalam pelaksanaannya sistem full day school terdiri dari kegiatan pembelajaran kokurikuler intrakurikuler dan ekstrakurikuler dalam sehari. Beberapa sekolah dalam pelaksanaan sistem full day school melebihi 8 jam dalam sehari untuk memenuhi ketentuan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan dan dampak sistem full day school pada aspek kegiatan pembelajaran di SMK Islam Batu. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Informan dalam penelitian ini terdiri dari 10 informan yaitu waka kurikulum waka kesiswaan waka sarana dan prasarana guru produktif pemasaran guru adaptif guru normatif 4 siswa Program Keahlian Pemasaran SMK Islam Batu. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara observasi dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan sistem full day school di SMK Islam Batu terdiri dari 1) kegiatan kokurikuler upacara yasinan istighosah praktik di Bank Mini dan praktik di UPJ. 2) kegiatan intrakurikuler dengan menerapkan kurikulum 2013 revisi alokasi waktu 1 jam 45 menit menggunakan metode ceramah diskusi dan penugasan. Guru belum menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi dan menyenangkan. 3) kegiatan ekstrakurikuler berupa ekstrakurikuler wajib dan ekstrakurikuler pilihan. 4) Jadwal kegiatan pembelajaran berlangsung 12 jam dalam sehari mencakup kegiatan kokurikuler intrakurikuler dan ekstrakurikuler belum sesuai dengan ketentuan 8 jam hari sekolah oleh Permendikbud. 5) Fasilitas telah memadai namun pengelolaannya belum maksimal. 6) Penunjang pelaksanaan sistem full day school yaitu fasilitas yang memadai guru yang aktif terlibat dalam seluruh kegiatan pembelajaran dan adanya pihak luar yang bekerja sama. 7) Penghambat pelaksanaan sistem full day school yaitu kondisi siswa penggunaan dan pengelolaan fasilitas yang kurang maksimal waktu yang padat dan guru yang kurang bervariasi dalam menerapkan metode pembelajaran. Dampak sistem full day school pada aspek kegiatan pembelajaran terdiri dari 1) dampak bagi pelaksanaan kegiatan kokurikuler intrakurikuler dan ekstrakurikuler yaitu beberapa kegiatan mengalami perubahan jadwal pelaksanaan. 2) Dampak positif bagi fasilitas yaitu adanya perbaikan dan pembangunan untuk melengkapi fasilitas sedangkan dampak negatifnya pengelolaan fasilitas sesuai fungsinya kurang maksimal. 3) Dampak positif bagi aktivitas belajar siswa meningkatnya aktivitas religius siswa di sekolah siswa lebih banyak diskusi pengerjaan tugas dan praktik sedangkan dampak negatifnya yaitu berkurangnya aktivitas belajar siswa di rumah aktivitas belajar di sekolah semakin padat sehingga siswa mudah jenuh dan bosan. ii Penelitian ini memiliki saran 1) pihak sekolah disarankan dapat menggunakan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan sistem full day school pada aspek kegiatan pembelajaran kokurikuler intrakurikuler dan ekstrakurikuler yang sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2017 tentang Hari Sekolah. Pihak sekolah juga disarankan untuk melakukan pengelolaan yang baik terhadap fasilitas sehingga dapat digunakan dengan baik sesuai dengan fungsinya. 2) guru disarankan agar melaksanakan kegiatan pembelajaran intrakurikuler dengan menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi dan menyenangkan untuk mengurangi kejenuhan belajar siswa. 3) peneliti lain agar dapat mengembangkan penelitian mengenai sistem full day school pada aspek yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28153

Actions (login required)

View Item View Item