Pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi Aurora 3D presentation pada mata pelajaran komunikasi bisnis kelas X di SMK Islam Batu / Fahmi Rosikhul Ilmi

Ilmi, Fahmi Rosikhul (2019) Pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi Aurora 3D presentation pada mata pelajaran komunikasi bisnis kelas X di SMK Islam Batu / Fahmi Rosikhul Ilmi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Ilmi, F.R. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Aurora 3D Presentation pada Mata Pelajaran Komunikasi Bisnis Kelas X di SMK Islam Batu. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. H AgungWinarno, M.M. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Aurora 3D Presentation, Komunikasi Bisnis. Media pembelajaran memiliki peran penting dalam menunjang proses pembelajaran menjadi efektif dan efisien. Media pembelajaran berbasis Aurora 3D Presentation dapat menjadikan pembelajaran Komunikasi Bisnis menjadi lebih interaktif, menyenangkan dan materi menjadi lebih visual sehingga dapat menarik perhatian siswa ke dalam pembelajaran. Penelitian pengembangan ini berangkat dari wawancara pada tanggal 19 April 2018 dengan ibu Shelynda Dwi Putri Deviani, S.Pd guru kelas X pemasaran mata pelajaran komunikasi bisnis mengenai masalah yang dihadapi yaitu peserta didik yang kurang focus kepada pembelajaran dikarenakan media yang digunakan kurang dipersiapkan secara matang sehingga pembelajaran tidak berjalan secara efisien. Oleh karena itu pengembang membuat media pembelajaran komunikasi bisnis menggunakan software Aurora 3D Presentation yang terbukti layak dan dapat mengatasi masalah yang dihadapi. Jenis penelitian pengembangan ini menggunakan lankah-langkah metode Research and Development yang dikembangkan oleh Borg & Gall dengan tahapan: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian, (9) revisi produk, dan (10) produk akhir. Kelayakan media dinilai oleh satu ahli media dan satu ahli materi. Subjek uji coba produk secara terbatas adalah 10 siswa yang dipilih secara acak dari dua kelas yaitu kelas X Pemasaran 1 dan kelas X Pemasaran 2, masing-masing diambil 5 siswa. Uji coba pemakaian dilakukan secara missal kepada seluruh siswa kelas X program keahlian Pemasaran SMK Islam Batu yang terdiri dari dua kelas total berjumlah 52 siswa. Metode pengumpulan data yang digunkaan adalah wawancara dan angket. Jenis data yang diperoleh berupa data kualitatif dan kuantitatif. Hasil validasi media pembelajaran terdiri dari ahli media dan ahli materi. Hasil validasi materi pada media pembelajaran dari ahli materi sebesar 93,85% termasuk pada kategori valid. Hasil validasi media dari ahli media sebesar 94,54% termasuk pada kategori valid. Hasil uji coba produk secara terbatas pada kelas X Pemasaran 1 sebesar 85,78% dan hasil pada kelas X Pemasaran 2 sebesar 87,56%. Hasil uji coba lapangan pada siswa kelas X Pemasaran 1 sebesar 82,05% dan hasil pada siswa kelas X Pemasaran 2 sebesar 83,08%. Hasil analisis data menunjukkan Media Pembelajaran Komunikasi Bisnis Aurora 3D Presentation yang dikembangkan layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Apr 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28149

Actions (login required)

View Item View Item