Pengembangan e-modul berbantuan Kvisoft maker pada mata pelajaran kewirausahaan (studi pada kelas XII Pemasaran di SMK Islam Batu) / Ardi Yanto Bin Dahlan

Dahlan, Ardi Yanto Bin (2018) Pengembangan e-modul berbantuan Kvisoft maker pada mata pelajaran kewirausahaan (studi pada kelas XII Pemasaran di SMK Islam Batu) / Ardi Yanto Bin Dahlan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Dahlan, Bin Ardi Yanto. 2018. Pengembangan E-modul Berbantuan Kvisoft Flipbook Maker Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan (Studi Kelas XII Pemasaran di SMK Islam Batu Malang). Skripsi Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. H. Agung Winarno, M.M. Kata Kunci: E-modul, kvisoft flipbook maker, dan Mata Pelajaran Kewirausahaan. Media pembelajaran e-modul berbantuan kvisoft flipbook maker merupakan sarana pembelajaran berupa buku digital yang bersifat interaktif dalam penggunaanya selama kegiatan belajar mengajar. Metode penelitian ini adalah research and deleopment (R&D). Tujuan penelitian ini antara lain: (a) Untuk menghasilkan produk e-module pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Kompetensi Dasar Menjalankan Usaha Kecil pada siswa kelas XII Pemasaran di SMK Islam Batu, (b) Untuk mengetahui kelayakan penggunaan e-module pembelajaran pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Kompetensi Dasar Menjalankan Usaha Kecil pada siswa kelas XII Pemasaran di SMK Islam Batu, (c) Untuk mengetahui respon siswa dalam penggunaan e-module pada Mata Pelajaran Kewirausaan Kompetensi Dasar Menjalankan Usaha Kecil kelas XII Pemasaran di SMK Islam Batu. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang terdiri dari 9 tahap pengembangan, yaitu (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji pemakai,(9) produk akhir. Validasi media dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Penelitian dilakukan pada siswa kelas XII Pemasaran SMK Islam Batu. Hasil validasi media mencapai 97,8% dengan kategori sangat valid dan hasil validasi ahli materi mencapai 94,8% dengan kategori sangat valid. Uji coba produk dilakukan menjadi 2 tahap yaitu uji coba terbatas terdiri 6 siswa dan uji coba masal terdiri 48 siswa XII Pemasaran SMK Islam Batu. Hasil uji coba terbatas mencapai 81,5% dan uji coba masal mencapai 85,9% dengan rata-rata siswa mengatakan belajar menggunakan media pembelajaran e-modul berbantuan kvisoft flipbook maker sangat menarik, menyenangkan dan materi mudah dipahami.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Nov 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28143

Actions (login required)

View Item View Item