Bathari, Ines Anugrah (2023) Pengaruh model pembelajaran Treffinger terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Geografi / Ines Anugrah Bathari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pembelajaran geografi pada abad 21 menuntut siswa memiliki kemampuan berpikir kritis dan dapat dilatih melalui model pembelajaran Treffinger. Model Treffinger mengajak siswa berpikir kritis dan kreatif pada setiap sintaksnya. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran Treffinger terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran geografi. Penelitian eksperimen semu ini menggunakan desain Post test Only Control Group Design dengan subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 2 dan XI IPS 3 SMAN 1 Garum Kabupaten Blitar. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes essay. Analisis data menggunakan Independent Samples-Test memperoleh data p-level 0 03 lt 0 05 dengan rerata nilai post-test kelas eksperimen adalah 77 sedangkan kelas kontrol adalah 70. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Treffinger terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran geografi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Mar 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Aug 2023 07:40 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/281424 |
Actions (login required)
View Item |