Pengaruh model earthcomm menggunakan google earth pro terhadap kemampuan berpikir spasial mendalam pada pelajaran geografi / Joice Zhenrike Memmase - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model earthcomm menggunakan google earth pro terhadap kemampuan berpikir spasial mendalam pada pelajaran geografi / Joice Zhenrike Memmase

Memmase, Joice Zhenrike (2023) Pengaruh model earthcomm menggunakan google earth pro terhadap kemampuan berpikir spasial mendalam pada pelajaran geografi / Joice Zhenrike Memmase. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Salah satu kelebihan dari model pembelajaran Earth System Science in The Community (EarthComm) yaitu dapat melatih siswa menjadi seorang peneliti di dalam suatu proses penyelidikan. Untuk melakukan proses penyelidikan di dalam pembelajaran geografi sangat diperlukan kemampuan berpikir spasial. Namun secara umum pembelajaran geografi di Indonesia masih fokus pada konten materi dan berpusat pada guru. Tujuan dalam penelitian ini untuk membangun kapasitas siswa dalam berpikir spasial yang mendalam dengan model pembelajaran EarthComm menggunakan media Google Earth pada kelas X IPS di SMAN 3 Malang. Penelitian ini menggunakan quasi experiment dengan desain Pretest and Posttest with Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data diperoleh dari soal tes essay yang sudah diuji validitas dan reliabilitas. Soal tersebut disusun berdasarkan indikator berpikir spasial. Analisis data menggunakan Uji One Way Anova berbantuan SPSS 25 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Signifikan (2-tailed) sebesar 0 025 lt 0 05 penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran EarthComm menggunakan media Google Earth terhadap kemampuan berpikir spasial mendalam pada pelajaran geografi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Feb 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/281422

Actions (login required)

View Item View Item