Peran orang tua wirausaha dalam menumbuhkan minat berwirausaha anak, di Desa Tlogo Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar / Muhamad Baihaqi

Baihaqi, Muhamad (2018) Peran orang tua wirausaha dalam menumbuhkan minat berwirausaha anak, di Desa Tlogo Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar / Muhamad Baihaqi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Baihaqi, Muhamad. 2018. Peran Orang Tua dalam Menumbuhkan Minat Anak Berwirausaha, Di Desa Tlogo Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar. Skripsi. Jurusan Manajemen, Program Studi Pendidikan Tata Niaga, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. H. Agung Winarno, M.M. Kata kunci: peran orang tua, menarik minat, berwirausaha Sebagian besar orang tua wirausahawan menginginkan anaknya menjadi seorang wirausahawan seperti yang telah dijalankan oleh orang tuanya, namun adakalanya anak memiliki perbedaan pendapat berkaitan dengan pilihan pekerjaan. Peran orang tua dalam mempengaruhi anak untuk berminat menjadi seorang wirausahawan merupakan hal menarik untuk diteliti dari berbagai cara-cara yang telah dilakukan orang tua. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Nilai-nilai kewirausahaan yang di ajarkan oleh orang tua, (2) Kecakapan ilmu wirausaha yang dimiliki oleh orang tua, (3) Cara orang tua dalam menumbuhkan minat anak berwirausaha. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara langsung dengan informan, yaitu orang tua yang telah berwirausaha yang mendidik anaknya berwirausaha, dan anak yang dididik menjadi wirausahawan oleh orang tuanya. Hasil dari penelitian ini yaitu: (1) Orang tua telah mengajarkan nilai-nilai kewirausaha berupa berorientasi pada tugas dan hasil, keberanian mengambil resiko, bisnis yang berorientasi pada masa depan, keorisinilan, dan mengajarkan nilai-nilai agama, (2) Para orang tua telah memiliki ilmu yang cukup untuk diajarkan, pandangan orang tua dalam mendefisikan wirausaha yaitu dengan semangat untuk berdagang dan kebebasan berfikir, serta orang tua telah berhasil membentuk lingkungan kewirausahaan pada keluarga, sehingga nilai-nilai kewirausahaan dapat ditempa pada kegiatan sehari-hari oleh aktivitas wirausaha pada keluarga. (3) Orang tua menarik minat anak berwirausaha dengan menceritakan pengalaman dan nilai positif yang didapat ketika berwirausaha, serta didukung oleh aktivitas orang tua dengan memberikan contoh dan diberikan kesempatan praktik secara langsung, serta didukung dengan memberikan motivasi kepada anak untuk terus berwirausaha. Saran yang diberikan berkaitan dengan peran orang tua dalam menumbuhkan minat berwirausaha anak adalah: (1) Pemerintah Desa sebaiknya memberikan dukungan penuh bagi para pengusaha kecil dan menengah, dengan mengadakan pelatihan atau penyuluhan tentang kewirausahaan, (2) Orang tua dalam mendidik anak informan lebih memberikan kepercayaan kepada anak untuk menjalankan usahanya secara penuh, (3) Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan mampu mengembangkan penelitian tentang pendidikan kewirausahaan di keluarga dan memilih keluarga informan masing-masing pengusaha kecil, kelas menengah dan besar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Nov 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28142

Actions (login required)

View Item View Item