Penerapan webgis inarisk sebagai upaya meningkatkan keterampilan berpikir spasial dan literasi kebencanaan siswa di SMAN 5 Malang / Alvina Esterningari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan webgis inarisk sebagai upaya meningkatkan keterampilan berpikir spasial dan literasi kebencanaan siswa di SMAN 5 Malang / Alvina Esterningari

Esterningari, Alvina (2022) Penerapan webgis inarisk sebagai upaya meningkatkan keterampilan berpikir spasial dan literasi kebencanaan siswa di SMAN 5 Malang / Alvina Esterningari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pengetahuan terhadap kebencanaan merupakan salah satu kebutuhan penting bagi setiap manusia. Hal ini dikarenakan bencana dapat terjadi dimanapun kapanpun dan menimpa siapapun. Salah satu negara dengan kerawanan bencana alam yang tinggi adalah negara Indonesia. Sikap siaga dan kesadaran masyarakat akan bahaya bencana di Indonesia perlu ditingkatkan melalui literasi kebencanaan. Selain literasi kebencanaan keterampilan berpikir spasial juga sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Kedua kemampuan ini memiliki peran penting dalam kehidupan sehingga penting untuk dipelajari di sekolah. Berdasarkan hasil observasi awal di kelas XII IPS 4 SMA Negeri 5 Malang dapat diketahui bahwa keterampilan berpikir spasial dan literasi kebencanaan siswa masih rendah. Dengan demikian dibutuhkan sebuah media pembelajaran yang mampu meningkatkan keterampilan berpikir spasial dan literasi kebencanaan siswa. Teknologi geospasial berbasis kebencanaan yang dapat digunakan sebagai media untuk meningkatkan keterampilan berpikir spasial dan literasi kebencanaan siswa adalah Webgis Inarisk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir spasial dan literasi kebencanaan siswa setelah penerapan Webgis Inarisk di kelas. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik analisis data berupa deskriptif. Hasil dari penerapan Webgis Inarisk ini mampu meningkatkan keterampilan berpikir spasial yang dimiliki oleh siswa. Demikian juga dengan literasi kebencanaan siswa yang mengalami peningkatan dengan penerapan media tersebut. Namun peningkatan tersebut masih belum optimal sehingga perlu adanya tindakan yang lebih komprehensif. Untuk memperoleh hasil yang lebih maksimal tindakan penerapan Webgis Inarisk ini dapat dilakukan kepada populasi yang lebih dinamis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jan 2022 04:29
Last Modified: 03 Apr 2024 06:26
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/281412

Actions (login required)

View Item View Item