Peran business center dalam menunjang kegiatan pembelajaran kewirausahaan untuk menumbuhkan jiwa entrepreneurship pada siswa di SMK Muhammadiyah 2 Malang / Farij Ibadil Maula

Maula, Farij Ibadil (2018) Peran business center dalam menunjang kegiatan pembelajaran kewirausahaan untuk menumbuhkan jiwa entrepreneurship pada siswa di SMK Muhammadiyah 2 Malang / Farij Ibadil Maula. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Maula Farij. 2018. Peran Business Center dalam Menunjang Kegiatan Pembelajaran Kewirausahaan Untuk Menumbuhkan Jiwa Entrepreneurship pada Siswa di SMK Muhammadiyah 2 Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Tata Niaga Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Ludi Wishnu W. S T. S.E. S.Pd. M.M. Kata Kunci business center pembelajaran kewirausahaan jiwa entrepreneurship. Banyak media yang dapat menjadi alat pengembangan potensi wirausaha di lingkungan sekolah. Salah satunya pelatihan berwirausaha siswa dengan praktik langsung di laboratorium kewirausahaan yaitu Business Center. Pembelajaran kewirausahaan tidak hanya memberikan landasan teoritis mengenai konsep kewirausahaan tetapi membentuk sikap perilaku dan pola pikir mindset seseorang dalam berwirausaha. Hal ini merupakan investasi modal untuk mempersiapkan para siswa dalam memulai bisnis baru melalui pengalaman ketrampilan dan pengetahuan penting untuk berwirausaha. Adanya praktik ini maka diharapkan dapat memotivasi para peserta didik dalam menumbuhkan minat berwirausaha siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pengelolaan Business Center di SMK Muhammadiyah 2 Malang (2) efektivitas peran Business Center sebagai unit pembelajaran kewirausahaan di SMK Muhammadiyah 2 Malang (3) Pemberdayaan Business Center sebagai sarana dalam menumbuhkan karakteristik wirausahawan pada siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif Informan utama dalam penelitian ini terdiri dari 1 guru Waka kurikulum bidang Sarana dan Prasarana 1 guru ketua pengelola Business Center 1 guru pengelola Business Center 1 guru kewirausahaan. Pengumpulan data dilakukan dengan dengan wawancara observasi dan dokumentasi. Prosedur penelitian ini adalah observasi awal pelaksanaan penelitian analisis data penarikan kesimpulan dan data pelaporan. Hasil penelitian ini dapat dideskripsikan sebagai berikut (1) Pengelolaan Business Center SMK Muhammadiyah 2 Malang terdapat 3 bagian. Bagian pertama merupakan ruang fotocoppy digunakan untuk kegiatan praktik siswa jurusan Adminitrasi Perkantoran dan Perbankan Syariah bagian yang kedua ruang produksi digunakan kegiatan praktik jurusan pemasaran yang ketiga ruang kewirausahaan digunakan untuk siswa jurusan Pemasaran tetapi siswa jurusan Adminitrasi Perkantoran Akutansi Perbankan Syariah juga terlibat aktif dalam kegiatan pengelolaan Business Center ruang kewirausahaan. Sarana dan prasarana yang terdapat di Business Center SMK Muhammadiyah 2 Malang menurut peneliti kurang baik hal tersebut dapat dilihat dari peralatan yang terdapat di Business Center ruang fotocoppy tidak terpakai dan berahli fungsi menjadi ruang guru Sedangkan di dalam Business Center ruang produksi peralatanya sedikit yang digunakan beberapa ada yang kurang perawatan ii Kemudian Business Center ruang kewirausahaan sudah cukup baik display makanan sudah mewadahi tempat penyimpanan makanan sudah berjalan dengan semestinya. (2) Peran Business Center sebagai unit pembelajaran kewirausahaan di SMK Muhammadiyah 2 Malang sangatlah bagus dapat dilihat dari semakin semangatnya siswa dalam mengikuti pembelajaran kewirausahan dengan adanya Business Center siswa mempunyai wadah untuk mempraktikan teori kewirausahaan yang telah diajarkan oleh guru. Selain itu siswa menjadi ulet kreatif dan giat dalam mengerjakan tugas kewirausahaan yang diberikan oleh guru. (3) Pemberdayaan Business Center sebagai sarana dalam menumbuhkan karakteristik wirausahawan pada siswa sudah berjalan dengan baik dapat dilihat dari beberapa siswa sebagian besar siswa telah dapat membaca peluang usaha dan dapat mengatur keuangan penjualan. Dengan demikian dapat menumbuhkan karakteristik jiwa wirausaha pada peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peranan Business Center sebagai Laboratorium praktik siswa dalam meningkatkan pembelajaran kewirausahaan untuk menumbuhkan minat siswa berwirausaha sangat perlu bagi sekolah kejuruan. Peneliti menyarankan kepada guru dan siswa pengelola Business Center SMK Muhammadiyah 2 Malang agar selalu merawat perlatan sarana dan prasana yang tersedia didalam Business Center SMK Muhammadiyah 2 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28139

Actions (login required)

View Item View Item