Pengembangan konten media microlearning geografi berbantuan instagram untuk belajar perairan darat bagi siswa SMA / Linda Khoirotun Hisan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan konten media microlearning geografi berbantuan instagram untuk belajar perairan darat bagi siswa SMA / Linda Khoirotun Hisan

Hisan, Linda Khoirotun (2022) Pengembangan konten media microlearning geografi berbantuan instagram untuk belajar perairan darat bagi siswa SMA / Linda Khoirotun Hisan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Karakteristik materi Dinamika Hidrosfer adalah sajian informasi yang luas memerlukan visualisasi konsep dan proses dengan menghubungkannya pada dunia nyata termasuk pada pembahasan Perairan Darat. Materi ini memerlukan media pembelajaran yang mendukung penyampaian secara padat dan jelas. Pengembangan konten media pembelajaran digital dengan konsep microlearning diharapkan dapat membantu siswa memahami informasi sub materi Perairan Darat di Permukaan melalui pemanfaatan perkembangan teknologi. Tujuan penelitian dalam artikel ini adalah mengembangkan dan menghasilkan konten media pembelajaran digital berbantuan media sosial Instagram dengan melihat kondisi serta kebutuhan siswa. Metode penelitian dan pengembangan menggunakan model ADDIE. Namun dalam pelaksanaannya dilakukan tahapan Analyze Design dan Development. Uji validasi produk diberikan kepada ahli media dan materi. Hasil uji validasi menunjukkan bahwa media pembelajaran digital yang dikembangkan sangat layak untuk uji coba dengan revisi. Adapun tahap uji coba kelayakan produk dilakukan oleh guru dan siswa SMA Islam Almaarif Singosari menghasilkan nilai sebesar 90% yang menunjukkan media termasuk kategori sangat layak. Dengan demikian media pembelajaran digital tersebut dapat digunakan dalam pembelajaran Geografi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/281384

Actions (login required)

View Item View Item