Media animasi motion graphic siklus hidrologi untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis peserta didik SMA / Nabila Amalia Alifah - Repositori Universitas Negeri Malang

Media animasi motion graphic siklus hidrologi untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis peserta didik SMA / Nabila Amalia Alifah

Alifah, Nabila Amalia (2023) Media animasi motion graphic siklus hidrologi untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis peserta didik SMA / Nabila Amalia Alifah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Media pembelajaran pada mata pelajaran geografi dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada peserta didik SMA. Kebutuhan belajar peserta didik pada materi siklus hidrologi merupakan materi cukup sulit. Karena materi ini terlalu abstrak untuk diamati secara langsung maka sulit bagi peserta didik kesulitan untuk memvisualisasikan proses terjadinya siklus hidrologi (Rahman 2016). Tujuan penelitian dan pengembangan ini menghasilkan media pembelajaran dengan Animasi Motion Graphic pada Siklus Hidrologi untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Subyek penelitian yaitu peserta didik kelas X IPS SMA Panjura Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif persentase kualitatif dan kuantitatif yang mengadaptasi model pengembangan ADDIE menghasilkan produk media pembelajaran. Hasil dari penelitian ini menunjukkan manfaat media diperoleh persentase dengan skor 94.0%pada materi yang disajikan sudah sangat sesuai sehingga secara keseluruhan video animasi dapat menambah pengetahuan bagi peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Feb 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/281380

Actions (login required)

View Item View Item