Analisis penilaian pembelajaran pada ranah psikomotorik (studi pada pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran produktif pemasaran kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran) / Devi Nurlailatul Imama - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis penilaian pembelajaran pada ranah psikomotorik (studi pada pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran produktif pemasaran kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran) / Devi Nurlailatul Imama

Imama, Devi Nurlailatul (2018) Analisis penilaian pembelajaran pada ranah psikomotorik (studi pada pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran produktif pemasaran kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran) / Devi Nurlailatul Imama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Imama Devi Nurlailatul. 2018. Analisis Penilaian Pembelajaran pada Ranah Psikomotorik (Studi pada Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Produktif Pemasaran Kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. H. Sutrisno M.M. Kata Kunci Penilaian Psikomotorik Penilaian Kinerja Penilaian Produk Penilaian Portofolio. Penilaian psikomotorik adalah kegiatan yang dilakukan guru untuk mengetahui informasi mengenai hasil belajar dalam bentuk keterampilan (skill) atau tindakan yang dilakukan peserta didik. Teknik penilaian psikomotorik yang digunakan yaitu penilaian kinerja/unjuk kerja penilaian produk penilaian proyek dan penilaian portofolio. Permasalahan yang dialami guru mencakup permasalahan dalam tahap perencanaan pelaksanaan dan pelaporan penilaian psikomotorik. Ada nya berbagai permasalahan yang terdapat dalam penilaian psikomotorik tersebut peneliti tertarik untuk melakukan analisis penilaian pembelajaran pada ranah psikomotorik (studi pada pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran produktif pemasaran kelas X bisnis daring dan pemasaran). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Perencanaan penilaian pembelajaran pada ranah psikomotorik (2) Pelaksanaan penilaian pembelajaran pada ranah psikomotorik (3) Kendala yang dihadapi guru dalam melaksanakan penilaian pembelajaran pada ranah psikomotorik. Penelitian ini menggunakan rancangan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh dari hasil observasi dan wawancara peneliti dilapangan. Informan penelitian adalah guru mata pelajaran produktif komunikasi bisnis dan marketing wakil kepala sekolah bidang kurikulum dan siswa-siswi kelas X bisnis daring dan pemasaran di SMK Negeri 1 Udanawu. Prosedur pengumpulan data menggunakan teknik wawancara observasi dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan analisis kualitatif yang dilakukan dengan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil temuan penelitian mengenai penilaian pembelajaran pada ranah psikomotorik menunjukkan bahwa (1) Perencanaan penilaian yang dilakukan guru didasarkan pada silabus kemudian menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) menentukan indikator yang sesuai dengan kompetensi keterampilan yang dicapai membuat materi pembelajaran menyiapkan contoh penugasan menyiapkan instruman penilaian kompetensi keterampilan membuat kriteria penilaian dan membuat kisi-kisi penilaian beserta pedoman penyekoran. (2) Pelaksanaan yang dilakukan oleh guru mata pelajaran produktif pemasaran yaitu dimulai dari guru menyampaikan materi yang sesuai dengan silabus dan RPP menjelaskan kriteria penilaian menugaskan mengamati dan dilanjut dengan menilai hasil pembelajaran peserta didik. (3) Kendala yang dialami guru dalam penilaian psikomotorik yaitu (a) perencanaan penilaian yang rumit (b) penilaian kinerja yang terlalu banyaknya administrasi/komponen penilaian yang harus disusun dalam instrumen penilaian serta membuat kisi-kisi maupun rubik penilaian yang masih sulit dilakukan (c) beberapa peserta didik yang kurang persiapan pada saat presentasi di depan kelas dan kurang percaya diri (d) penugasan pembuatan produk yang tidak sesuai dengan SOP yang dibuat guru (e) penilaian portofolio peserta didik yang masih kosong. Upaya dalam mengatasi permasalahan yang dilakukan guru produktif pemasaran diantaranya (a) menilai hasil belajar secara langsung ke nilai akhir (b) memotivasi peserta didik untuk aktif dalam pembelajaran melakukan pendekatan terhadap peserta didik yang kurang percaya diri (c) mengupayakan peserta didik dalam penugasan produk dengan lebih memperhatikan SOP yang telah diberikan (d) menugaskan peserta didik untuk memenuhi nilai yang kosong. Saran yang diajukan peneliti yaitu (1) Bagi kepala SMK Negeri 1 Udanawu agar terus melakukan sosialisasi dengan memberikan pelatihan kepada guru-guru di sekolah terutama mengenai penilaian psikomotorik (2) Bagi guru mata pelajaran marketing dan komunikasi bisnis lebih memperluas pengetahuan dalam pelaksanaka penilaian psikomotorik yang sesuai dengan standar penilaian kurikulum 2013 dan (3) Bagi peserta didik dapat berperan aktif di dalam kelas serta dapat menerapkan nilai-nilai keterampilan yang diperoleh di sekolah dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28138

Actions (login required)

View Item View Item