Pengaruh model pembelajaran Science, Environment, Technology, Society (SETS) berbantu teknologi geospasial terhadap kemampuan berpikir kritis siswa / Cut Fitri Aidya Mukti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran Science, Environment, Technology, Society (SETS) berbantu teknologi geospasial terhadap kemampuan berpikir kritis siswa / Cut Fitri Aidya Mukti

Mukti, Cut Fitri Aidya (2022) Pengaruh model pembelajaran Science, Environment, Technology, Society (SETS) berbantu teknologi geospasial terhadap kemampuan berpikir kritis siswa / Cut Fitri Aidya Mukti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada rendahnya tingkat berpikir kritis siswa di Indonesia. Sehingga dibutuhkan model pembelajaran yang mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa salah satunya adalah model pembelajaran Science Environment Technology and Society (SETS) berbantu teknologi geospasial sebagai alat bantu penyelidikan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh model pembelajaran SETS berbantu teknologi geospasial terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasi Experiment Group Design. Desain penelitian berupa pretest-posttest control group design dengan menggunakan kelompok kelas eksperimen dan kelas kontrol. Subjek penelitian siswa kelas XI IPS A dan B di SMAN 1 Singosari. Instrumen penelitian berupa 6 butir soal kemampuan berpikir kritis pada materi mitigasi dan adaptasi bencana. Data dianalisis menggunakan Uji-T dengan bantuan program SPSS 25.0 for windows. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa model pembelajaran SETS berbantu teknologi geospasial berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/281378

Actions (login required)

View Item View Item