Analisis buku teks geografi SMA/MA Kelas xii kurikulum 2013 pada materi percepatan dan pertumbuhan wilayah / Edo May Irawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis buku teks geografi SMA/MA Kelas xii kurikulum 2013 pada materi percepatan dan pertumbuhan wilayah / Edo May Irawan

Irawan, Edo May (2022) Analisis buku teks geografi SMA/MA Kelas xii kurikulum 2013 pada materi percepatan dan pertumbuhan wilayah / Edo May Irawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Irawan Edo. 2020. Analisis Buku Teks Geografi SMA/MA Kelas XII Kurikulum 2013 Karangan K. Wardiyatmoko Terbitan Erlangga pada Materi Percepatan Pertumbuhan Wilayah. Skripsi Program Studi Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sumarmi M.Pd. (II) Dra. Yuswanti Ariani Wirahayu M.Si. Kata Kunci Analisis Buku Teks Geografi Materi Percepatan Pertumbuhan Wilayah. Buku merupakan sumber dari ilmu pengetahuan dan informasi. Kondisi tersebut membuat pemilihan buku teks untuk bahan ajar harus sesuai dan layak untuk pembelajaran. Buku teks yang baik isinya harus mencakup semua standar kompetensi penyajiannya menarik bahasanya baku mudah dipahami serta ilustrasi yang tepat. Buku teks yang dianalisis dalam penelitian ini adalah buku geografi untuk SMA/MA kelas XII Kurikulum 2013 karangan K. Wardiyatmoko terbitan Erlangga pada materi percepatan dan pertumbuhan wilayah Hasil observasi awal terhadap buku tersebut masih terdapat beberapa kesalahan-kesalahan. Kondisi tersebut membuat kajian buku teks perlu untuk dilakukan untuk mengetahui kelayakan materi buku teks secara menyeluruh. Penelitian ini masuk kedalam jenis analisis isi (content analysis) untuk mengkaji isi buku teks secara sistematis menggunakan cara kuantitatif. Analisis yang dilakukan meliputi 4 aspek buku teks yaitu kesesuaian isi materi dengan Kurikulum 2013 kebenaran konsep kebenaran penggunaan bahasa dan kefungsian media gambar. Tujuan dilakukannya analisis ini untuk mengetahui kelayakan buku teks pada materi percepatan pertumbuhan wilayah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum buku tersebut berada pada kelayakan sedang. Hasil tersebut didapatkan setelah melakukan analisis dan olah data yang telah dilakukan terhadap 4 aspek kajian buku teks. Nilai persentase kesalahan kesesuaian materi dengan kurikulum mencapai 15 79% (sedang) persentase kesalahan konsep dalam materi mencapai 16% (sedang) rata-rata kesalahan semua aspek kebahasaan gt 5 (rendah) dan persentase kefungsian media gambar sebanyak 5 88% (sedang). Buku teks Geografi terbitan Erlangga pada materi percepatan pertumbuhan wilayah berada dalam kategori kelayakan sedang. Artinya masih perlu adanya banyak pembenahan kesalahan-kesalahan dalam buku tersebut terutama dalam aspek kebahasaan. Penulis seharusnya melakukan analisis kembali dan editor ataupun penerbit harus lebih teliti lagi dalam menyunting buku teks yang akan dicetak. Sehingga buku tersebut ideal untuk digunakan demi tercapainya tujuan pembelajaran. Guru juga harus cermat dalam memilih bahan ajar sebelum menggunakan buku tersebut sebagai sumber belajar bagi peserta didiknya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/281375

Actions (login required)

View Item View Item