Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA Mazra'atul Ulum Paciran / Ihda Sholihatin Nisa' - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA Mazra'atul Ulum Paciran / Ihda Sholihatin Nisa'

Nisa', Ihda Sholihatin (2022) Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA Mazra'atul Ulum Paciran / Ihda Sholihatin Nisa'. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemampuan berpikir kritis siswa dapat dilatih melalui model pembelajaran problem based learning (PBL). Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh dari model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pelajaran geografi. Jenis penelitian yang digunakan yaitu quasi experiment dengan desain posttest only control group desain yang melibatkan 2 kelas berdasarkan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes essay dengan indikator kemampuan berpikir kritis. Penelitian dilaksanakan di SMA Mazra'atul Ulum Paciran Lamongan. Subjek penelitian ini yaitu XI IIS 2 sebagai kelas kontrol dan XI IIS 1 sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan yaitu Independent sample T-test. Berdasarkan hasil pengujian dengan uji-t diperoleh nilai sig. 2 tailed sebesar 0 002 lt 0 05 yang berarti ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis pada kelas yang menggunakan model PBL dan konvensional. Hasil penelitian juga menunjukkan jika kelas eksperimen memiliki nilai kemampuan berpikir kritis lebih unggul dari kelas kontrol. Hal ini dapat disimpulkan bahwa PBL berpengaruh pada kemampuan berpikir kritis siswa di SMA Mazra'atul Ulum Paciran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Dec 2022 04:29
Last Modified: 06 Apr 2023 03:23
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/281372

Actions (login required)

View Item View Item