Cahyani, Alfin Dwi (2022) Pengaruh model pembelajaran group investigation terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pembelajaran geografi di SMAN 2 Sumenep / Alfin Dwi Cahyani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Suatu keterampilan yang diharuskan dimiliki oleh siswa untuk belajar pada abad 21 adalah kemampuan berpikir kritis. Siswa harus mampu berpikir kritis untuk memecahkan masalah di kelas geografi terutama ketika berhadapan dengan konten sosial. Berpikir kritis siswa dapat kuasai dengan pengaruh model pembelajaran Group Investigation karena dapat mengajak siswa untuk ikut serta secara langsung dalam proses pemecaan masalah dengan kegiatan penyelidikan. Penelitian ini dilakukan dengan maksud untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran Group Investigation terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran geografi di SMAN 2 Sumenep. Rancangan penelitian eksperimen meliputi pre-test dan post-test dan Independent Sample T test digunakan untuk menganalisis data. Subjek yang digunakan adalah kelas X IPS 4 menjadi kelompok eksperimen dengan perlakuan model pembelajaran Group Investigation dan X IPS 5 menjadi kelompok kontrol yang diberi perlakuan pembelajaran konvensional. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini menunjukkan bahwa perlakuan model Group Investigation berpengaruh signifikan dengan tingkat signifikansi 0 000-0 05. Penelitian ini dapat membuktikan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa geografi dapat dipengaruhi oleh model pembelajaran Group Investigation.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Jan 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/281370 |
Actions (login required)
View Item |